Cara Membuat Ruang Tamu Yang Kecil Menjadi Terlihat Besar..

Kamu punya ruang tamu yang sempit / kecil?

Cara mendekorasi ruang tamu sempit bukan sebuah pekerjaan mudah. Kita akan selalu mengalami dilema antara memenuhi kebutuhan akan fungsi atau estetika. Soal dua hal itu memang tidak bisa dinegasikan begitu saja, atau hanya memilih satu di antara keduanya, desain interior tidak seperti itu. Anda harus bisa memiliki keduanya, dan juga tidak bisa mengabaikan faktor ketiga, psikologi ruang.

Meski memiliki ruang tamu berukuran kecil, masih memungkinkan bagi Anda untuk memenuhi ketiga tujuan utama dari desain interior. Jangan khawatir, banyak trik dan tips simpel yang dibagikan oleh banyak ahli; desainer, dekorator ataupun stylist interior yang berhasil mengubah keadaan yang sepertinya tidak mungkin menjadi sebaliknya.

Keep it cozy

Kenyamanan adalah kunci dari semua gagasan dan konsep desain interior. Terutama dalam ruangan sempit, kenyamanan tetap menjadi prioritas. Pertimbangkan sebuah gagasan desain yang mampu memberi kenyamanan maksimal untuk ruang tamu kecil Anda.

Trik warna

Untuk membuat sebuah ruang kecil tampak lebih besar, pilihan warna cat tidak boleh Anda abaikan. Pertahankan pilihan warna cat putih untuk mencerahkan ruang. Jika menginginkan aksen warna, gunakan pada furnitur. Hal tersebut sekaligus bisa berfungsi sebagai titik fokus interior secara keseluruhan.

Pilihan gorden

Ruang tamu berukuran kecil sangat membutuhkan setting pencahayaan terbaik untuk membantu memaksimalkan ruang. Tirai atau gorden sangat direkomendasikan untuk membantu memaksimalkan cahaya di ruang tamu kecil. Pilihlah model dan warna yang selaras dengan warna dinding atau bagian lantai agar sesuai secara estetika. Serta satu lagi, gantung tirai atau gorden beberapa inci lebih tinggi, hal tersebut sangat membantu memvisualisasi ruang kecil terlihat lebih besar.

Karpet besar

Memilih karpet yang lebih besar – bahkan dalam pola yang berani – adalah trik mudah yang membuat ruangan terasa lebih besar. Tidak seperti karpet yang lebih kecil, ukuran besar tidak secara visual memecah lantai; begitu kata seorang pakar interior yang dikutip dari housebeautiful.

Model coffee table

Menggunakan dua coffee table kecil yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan, lebih baik dari pada satu meja kopi besar yang memakan ruang dan tidak cukup fleksibel.

Bermain dengan skala

Jangan takut ukuran furnitur kebesaran. Banyak hal kecil di ruangan kecil dapat membuat ruangan terasa berantakan, gunakan beberapa potongan perabotan besar yang fokus pada kenyamanan.

Furnitur Double-Duty

Ketika ukuran ruang terasa kurang, saat itu juga Anda akan mengalami berbagai macam dilema. Namun, bukan berarti juga Anda tidak bisa kreatif. Furnitur yang memiliki fungsi ganda, atau konsep smart  furniture bisa menjadi solusi.

Tampilkan karya seni secara strategis

Percaya atau tidak, menampilkan beberapa potong karya seni bisa membuat ruangan kecil tampak spesial, terutama soal estetika dan penampilan artistik yang dihasilkannya. Cobalah untuk berani menampilkan karya seni di ruang tamu kecil Anda, pasang beberapa pada bagian dinding dengan penempatannya yang secara strategis bisa menciptakan ilusi ruang yang terlihat sangat menyenangkan

Tempat duduk rendah

Sofa yang lebih rendah menciptakan efek visual dari langit-langit yang lebih tinggi. Tambahkan bantal agar terasa lebih nyaman dan menciptakan atmosfer ruang yang santai.

Beli Rumah Tanpa Riba

Jam tangan memang termasuk salah satu kepentingan bagi setiap orang. Punya rumah sendiri adalah impian setiap orang. Bahkan banyak orang rela beli rumah dengan cara mencicil puluhan tahun.

Masalahnya, banyak juga orang muslim yang takut ambil kredit pemilikan rumah alias KPR karena dianggap riba. Terus, beli rumahnya kapan dong kalau gak pakai KPR?

Nah, berikut ada lima cara beli rumah tanpa melalui skema yang dianggap riba ini. Yuk simak.

Pilih cicilan tanpa bank

Buat kamu yang berencana nyicil rumah tanpa terjebak riba, tenang aja. Ada kok caranya. Kamu bisa pilih pengembang yang menawarkan rumah tanpa melalui cicilan bank.

Developer Property Syariah Indonesia (DPSI) misalnya. Asosiasi pengembang perumahan syariah ini tengah getol-getolnya mengembangkan perumahan dengan cicilan tanpa bank. Jadi kamu bisa beli rumah langsung dengan mencicilnya ke pengembang.

Sama seperti bank, skema cicilan kepada pengembang ini juga cukup lama. Bisa 10 tahun hingga 15 tahun. Tapi kamu mesti cari proyek perumahan yang emang dikembangkan oleh anggota DPSI ya untuk menikmati fasilitas ini.

Agar aman, jangan lupa untuk piilih pengembang yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang bagus.

Pilih KPR syariah

Selain beli rumah langsung ke pengembang, kamu juga bisa beli rumah dengan menggunakan KPR syariah.

Ada beberapa jenis KPR syariah yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah. Misalnya akad murabahah atau akad jual beli. Ada juga akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli. Ada beberapa jenis KPR syariah yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah. Misalnya akad murabahah atau akad jual beli. Ada juga akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli. Selain itu, kamu juga bisa gunakan KPR syariah dengan akad musyarakah mutanaqisah atau akad kepemilikan bertahap. Dan akad istishna atau pembiayaan rumah dengan tujuan inden.

Pilih skema pembelian bertahap

Kamu juga bisa beli rumah tanpa riba dengan membelinya secara tunai bertahap. Skema ini juga lumayan banyak ditawarkan oleh pihak pengembang yang mengusung konsep jual beli rumah tanpa riba.Misalnya kamu tertarik membeli rumah seharga Rp 200 juta. Kamu telah bersepakat dengan pengembang untuk membeli rumah secara bertahap selama 24 bulan.

Maka, secara bertahap kamu harus membayarkan uang Rp 8,3 juta per bulan di luar dari kebutuhan pokok lainnya. Hampir mirip dengan skema cicilan sebetulnya. Bedanya, periode pembayaran untuk cash bertahap biasanya lebih pendek dan tanpa bunga.

Beli cash keras

Punya rumah dengan membeli secara tunai adalah impian setiap orang. Beli rumah secara tunai bisa langsung ke pengembang yang bersangkutan.Hanya saja, seperti dikatakan di awal, harga rumah saat ini bukan main mahalnya. Punya duit Rp 200 juta aja udah syukur. Kuncinya, kamu bisa pilih rumah dengan tipe yang sesuai budget. Dan tentunya harus disesuaikan dengan lokasi.

So, buat kamu yang punya tabungan mencukupi, kamu bisa mulai mencoba melakukan skema ini. Tapi bagaimana kalau gak punya duit?

Jika kamu cukup bersabar buat punya rumah, pasti ada jalan kok. Caranya kamu bisa nabung atau investasi terlebih dahulu. Investasi ada banyak pilihan. Kamu bisa memilih investasi emas atau reksadana syariah, misalnya.

Menjadi agen atau sales perumahan

Beberapa pengembang perumahan menerapkan kebijakan bonus yang menarik buat agen atau salesnya. Misalnya, seorang sales perumahan diberikan fee sebesar 3 persen dari rumah yang berhasil dijual. Jika sales tersebut berhasil menjual 20 rumah seharga Rp 250 juta, maka ia udah punya duit fee Rp 150 juta.Bahkan, ada pengembang yang memberikan bonus satu unit rumah jika sang sales berhasil menjual unit perumahan dalam jumlah tertentu. Hmm, menarik bukan?

Nah itulah beberapa cara beli rumah tanpa takut disangka mempraktikkan riba. Memang, ada sebagian orang yang gak mempermasalahkan soal skema pembelian rumah. Tapi menurut sebagian lain, unsur riba ini menjadi penting dan benar-benar harus dihindari.

Jadi, udah siap beli rumah sekarang? Meski kecil, barang itu sangatlah membantu kita untuk mengetahui waktu. Nah, bicara soal jam tangan, pasti setiap orang berbeda-beda ketika memakainya. Ada yang memakai di sebelah kanan, ada juga yang memakai di sebelah kiri. Dilansir dari berbagai sumber menggunakan jam tangan kanan atau kiri ternyata ada maknanya loh guys.

Tips Memiliki Rumah Minimalis Yang Simpel & Nyaman Ditempati

Dekorasi rumah bergaya minimalis memang susah gampang untuk dekornya. Rumah bergaya minimalis terlihat clean, comfort, modern dan elegant. Tapi rumah dengan dekorasi minimalis juga bisa bikin kamu bosan dan monoton loh…

Maka dari itu penting sekali mengetahui tips and trick untuk membuat dekorasi rumah minimalis. Mau tahu tipsnya? Yuk lihat informasinya.

Untuk tampilan yang clean layaknya gaya minimalis, terapkan warna yang netral bikin suasana yang nyaman.

Pemilihan warna untuk rumah / desain minimalis sangat penting, karena akan membuat interior clean dan tidak terlihat membosankan. Beberapa pilihan warna terbaik untuk desain rumah minimalis adalah warna putih, abu-abu atau hitam.

Berikan sedikit aksen di dinding rumah agar tidak monoton

Beberapa hiasan dinding seperti rak gantung, pigura atau lukisan bisa menjadi pilihan untuk dekorasi tembok yang polos. Meskipun terlihat biasa tapi hiasan dinding menjadi pelengkap / pemanis pada ruangan rumahmu.

Berikan sedikit sentuhan warna pada ruanganmu agar terasa lebih hidup

Kamu bisa menambah kan karpet / bantal / tanaman hias untuk menjadi penghias dan gunakan warna yang tidak terlalu mencolok.

Home workspace bisa bikin kamu betah kerja loh..

Dengan desain yang sederhana dengan warna yang netral atau tidak terlalu mencolok bisa buat kamu lebih fokus dalam bekerja ..