Dekorasi Rumah Paling Canggih

Rumah kini tidak hanya sekedar tempat berlindung. Seiring dengan perkembangan teknologi, rumah pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memiliki teknologi tinggi. Hal ini membuat Anda semakin nyaman berada di rumah karena dimanjakan oleh berbagai kemudahan.

Stephan Jaklitsch, Arsitek Taman

David Mann, Desainer Interior dan Eksterior

David Leven dan Stella Betts, Arsitek

Ron Radziner, Desainer Eksterior

Fabian Hecker, Arsitek

Mitos dan Fakta Tentang Rumah

Berbicara tentang mitos, siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu bentuk warisan kebudayaan satu ini. Setiap peradaban di dunia memiliki mitos-mitosnya sendiri, tak terkecuali di Jawa ini. Walaupun kita sekarang telah hidup di zaman modern, nyatanya kita masih tidak bisa benar-benar terlepas dari mitos. Nahdari berbagai mitos yang ada dan dikenal masyarakat Jawa, mitos yang berkaitan dengan rumah adalah hal yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Penasaran kan, rumah dengan kondisi-kondisi yang bagaimana sih yang dimaksud? Yuk simak mitos-mitos rumah di bawah ini!

1. Rumah menghadap ke timur

Rumah menghadap ke timur dipercaya paling “unik” apabila dibandingkan dengan  rumah yang menghadap ke arah-arah lainnya. “Unik” yang dimaksud adalah bahwa rumah yang menghadap ke timur ini memiliki energi negatif. Penghuninya biasanya dihadapkan dengan masalah-masalah yang beragam, mulai dari pertengkaran antar anggota keluarga, sakit-sakitan, sampai sulit mendapatkan rezeki. Jadi ketika ingin membangun rumah, bisa dibilang bahwa timur merupakan pantangan untuk dijadikan arah muka rumah. Hmm, percaya nggak dengan mitos rumah ini?

2. Rumah yang memiliki luwang mayit di dalamnya

Mitos rumah yang satu ini terdengar agak aneh. Disebut luwang mayit karena ukuran ruangannya adalah sekitar 2×1 meter, serupa dengan ukuran luwang mayit (liang kubur). Luwang mayit biasanya menjadi pemisah antara ruangan satu dan ruangan lainnya serta letaknya tepat di tengah-tengah dengan diapit tembok/sekat di ketiga sisinya. Gampangnya sebut saja lorong buntu. Menurut mitos, rumah yang memiliki luwang mayit tidak nyaman untuk ditempati dan hawanya berasa panas terus sehingga penghuninya menjadi tidak betah. Apabila rumah tersebut dijual atau dikontrakkan, penghuni rumah tersebut juga tidak akan bisa menetap lama.

3. Rumah dengan seluruh pintunya lurus sejajar

Mitos rumah yang satu ini hanya berlaku bagi rumah yang seluruh pintunya lurus sejajar dari depan sampai belakang. Dengan kondisi rumah yang seperti ini, energi yang masuk ke dalam rumah akan langsung keluar karena letak pintu-pintu yang semuanya sejajar. Oleh karena itu, penghuni rumah seperti ini pun dipercaya akan sulit mengelola keuangannya. Seperti energi yang masuk rumah dan langsung keluar lagi, rezeki yang diperoleh penghuninya pun juga akan cepat ‘lari’.

4. Rumah “Tusuk Sate”

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan mitos rumah “tusuk sate”. Bener banget, rumah “tusuk sate” sendiri merupakan sebutan untuk rumah yang terletak tepat di ujung pertigaan dan terkesan seperti memangku jalan. Oleh karena letaknya yang berada di tengah-tengah, rumah ini dipercaya menjadi titik pertemuan energi-energi yang berbeda sehingga menciptakan energi negatif di dalamnya. Menurut mitos turun-temurun, rumah dengan kondisi ini dapat mendatangkan bencana, kesialan, atau bahkan kematian. Serem juga.

5. Rumah dengan banyak benda yang terbuat dari logam

Agak angker juga nih rumah yang di dalamnya menyimpan benda-benda yang terbuat dari logam. Tapi tenang aja, panci-panci dan wajan di dapur kamu nggak masuk hitungan untuk kategori ini kok. Benda-benda dari logam yang dimaksud adalah benda-benda dengan kadar logam yang cukup berat, seperti pedang, keris, dan perangkat gamelan yang terbuat dari kuningan. Benda-benda logam tersebut memiliki gelombang elektromagnetik yang sangat kuat sehingga jin dan makhluk halus lainnya dikabarkan sangat menyukainya dan bahkan ada yang menetap di dalamnya.

6. Rumah yang kotor

Mitos rumah yang satu ini wajib banget kamu perhatikan, karena bisa saja ini adalah rumahmu! Piring kotor atau pakaian kotor yang sering kamu letakkan sembarangan ternyata bisa mengundang kehadiran makhluk dari dunia lain. Biar nggak kejadian, mending rajin-rajin menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan rumah deh mulai sekarang. Menurut kepercayaan, makhluk tidak kasat mata suka mendatangi sumber bau-bau yang tidak enak, seperti bau keringat pada pakaian kotor, bau daging atau amis dari sisa-sisa makanan di piring kotor, dan bau-bau dari sumber sampah yang mengendap lama. Bener atau enggaknya semoga kamu tetap rajin menjaga kebersihan rumah ya.

7. Rumah yang pernah ditempati orang gila

Menurut mitos, rumah yang pernah ditempati orang gila juga memiliki banyak energi negatif di dalamnya sehingga dapat memengaruhi keberuntungan penghuni selanjutnya apabila tidak “dibersihkan”. Rumah yang tidak “dibersihkan” dapat menciptakan perasaan tidak nyaman, menghambat datangnya rezeki, atau mendatangkan kesialan. Nggak cuma orang gilanya, rumah bekas yang telah ditinggali orang gila juga sama berbahayanya ya ternyata.

Bisnis Furnitur Dijalankan Dengan Modal Sedikit

Sekarang ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan, baik itu usaha berskala besar hingga usaha berskala kecil dan menengah (UKM). Tidak hanya usaha besar saja yang mengalami peningkatan yang cukup besar, namun usaha kecil menengah pun mengalami peningkatan.

Ketika ingin memulai sebuah usaha, calon pengusaha kerap mengalami kendala. Salah satunya ialah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis tersebut. Mungkin Anda berpikir bahwa solusinya ialah meminjam uang dari bank ataupun mencari investor. Langkah tersebut memang dapat dilakukan, namun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Umumnya pihak bank dan investor bisnis akan menanyakan pengalaman bisnis Anda dan juga informasi lainnya yang tidak Anda miliki. Bagi yang mempunyai pengalaman bisnis sangat luas tentu hal ini sangatlah mudah, namun bagaimana dengan pengalaman bisnis yang masih kurang?

Memulai Usaha Furniture Minimalis

Apakah kekurangan modal menjadi penghambat untuk memulai bisnis? Tentu saja tidak. Kita dapat memulai bisnis walau dengan modal minim. Salah satu bisnis berpeluang besar dengan modal minim ialah bisnis furniture ataupun mebel. Furniture adalah perlengkapan rumah yang akan selalu dibutuhkan orang, sehingga bisnis furniture bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Salah satu contoh sukses bisnis mebel atau furniture ialah Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Beliau menjalankan bisnis dari skala kecil, dan sekarang produk dari bisnis mebel yang dijalankannya dipasarkan ke lima benua. Walaupun begitu, batu halangan selalu ada, tapi bukankah semua bisnis berisiko ? begitu juga usaha mebel ini pastinya selain menguntungkan juga resikonya lumayan tinggi.

Bisnis Furniture Tanpa Modal

Berapa sih modal usaha untuk memulai bisnis mebel ini ? kisaran modal minimnya adalah 50juta, apabila berencana ingin memulai bisnis mebel namun mempunyai modal yang minim,  anda bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan. Tapi jika anda tidak punya modal tapi ingin mendapatkan penghasilan dari furniture, anda bisa menjadi broker atau makelar furniture. Misalnya dari segi tempat usaha, untuk tempat usaha ini kita tidak perlu sewa tempat. Kita bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Biaya sewa bisa kita manfaatkan untuk keperluan lainnya.

Kemudian dari segi peralatan, dalam bisnis furniture minimal peralatan yang harus dimiliki yaitu gerinda, router, dan planer. Total pembelian seluruh peralatan sekitar Rp 2.866.000. Apabila ingin membuka usaha furniture dengan modal kecil, dalam hal peralatan ini sebaiknya belilah peralatan dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Prospek Usaha Mebel

Potensi yang didapatkan memulai usaha mebel ini terbilang besar, karena basket size atau unit price nya rata-rata di atas 1 juta rupiah, dengan margin 10% saja anda bisa mendapatkan keuntungan minimal 100 ribu sampai jutaan rupiah.

Fakta Dekorasi Rumah

Rumah kita adalah tanda-tanda untuk mencerminkan diri kita, kepribadian kita atau hanya untuk memberitahu orang lain bahwa apa jenis rasa dan kerangka pikiran kita terus. Dekorasi rumah adalah seni yang dapat ditemukan dalam semua orang dengan amplitudo yang bervariasi. Meskipun profesi terpisah seperti profesi lain di pasar, tetapi ide-ide DIY, saya pikir dekorasi rumah adalah tenaga termudah yang bisa dilakukan pada mereka sendiri. Dekorasi rumah adalah sama seperti kita memilih warna dan desain dalam, kami sepatu gaun dan topi. Etika yang sama dapat diterapkan sementara dekorasi rumah, tapi dengan cara sedikit luas.

Pilihan Warna

Sementara dekorasi rumah, ada ideologi sederhana untuk mengikuti untuk hasil yang lebih baik. Pertama dan terpenting penting adalah pilihan warna. Setiap warna memiliki efek sendiri pada suasana hati kita. Juga, warna yang baik membantu tangan untuk memberi kita, hangat energik, santai, pikir perasaan memprovokasi dan bahagia. Jadi, saat memilih warna wallpaper, furnitur, kain dan cat, efek warna harus disimpan dalam pikiran. Beberapa waktu yang cocok dengan warna semua item dapat menghasilkan hasil yang terbaik, sementara kadang-kadang kita bisa mendapatkan refleksi lebih menarik dengan mempertimbangkan kontras antara warna-warna ini.

Desain dan Bentuk Essentials

Unsur kedua dari dekorasi rumah yang baik adalah memilih yang tepat desain. Desain atau bentuk barang seperti furnitur, dinding gunung, item listrik seperti lampu dan lampu tabung, wallpaper, tirai, karpet dan bantal dapat mengubah semua lingkungan kamar Anda. Dalam sebagian besar kasus, desain yang mirip atau cocok atau bentuk barang disimpan di sebuah ruangan akan mencerminkan tampilan yang lebih menyenangkan dan nuansa dari seluruh ruangan.

Memilih Jenis Hak Produk

Memilih yang tepat aksesoris adalah fakta lain dari dekorasi rumah yang baik. Misalnya, kamar tidur harus dilengkapi dengan tempat tidur dan tempat tidur tapi tidak harus penuh sesak dengan perabot lainnya seperti sofa, atau lemari. Di sisi lain, sementara dekorasi ruang tamu, Anda harus menempatkan semua perabotan yang diperlukan yang akan digunakan untuk duduk, menonton TV dan untuk keluarga berkumpul. Sama berlaku ke dapur, belajar dan mandi. Pilihan yang tepat penting di sebuah ruangan tertentu atau tempat membuat tampilan yang standar dan meningkatkan anugerah tersebut.

Harga dan Anggaran

Pasar penuh dengan gaya tradisional, sesekali dan trendi dari semua elemen kami dapat menggunakan dekorasi di rumah kami. Satu mungkin bingung untuk sampai ke pilihan yang tepat. Untuk kemudahan dalam pengambilan, Anda dapat mempertimbangkan harga item dan anggaran yang tersedia. Estimasi harga diperlukan untuk semua penting akan memperjelas dan mempersempit pilihan di antara jenis yang tersedia berbeda.

Inspirasi Dekorasi Bulan Ramadhan

Ramadhan memang sudah akan berakhir dalam hitungan hari, tapi belum terlambat untuk tetap semangat mencari kebaikan dan berlomba-lomba mencari tema Ramadhan yang menarik untuk mengadakan event ataupun kampanye di media sosial. Memang susah-susah gampang untuk mendapatkan tema yang sesuai dengan event Ramadhan yang direncanakan, tapi bukan berarti sulit, kan? Misalnya untuk event seperti buka bersama, festival kuliner, kajian ilmu Quran, silaturahmi, bahkan untuk branding campaign di media sosial.

Kumpulan inspirasi tema Ramadhan yang menarik
Nah, dalam bahasan blog kali ini akan diulas kumpulan tema Ramadhan yang menarik untuk diaplikasikan di dalam event Ramadhan kamu. Mari simak satu per satu, yuk!

“Colorful Ramadhan”

tema ramadhan yang menarik

Ini adalah tema yang tepat jika event Ramadhan yang akan kamu adakan ingin mengusung suasana warna-warni dan keceriaan. Tema kegiatan Ramadhan yang satu ini sangat tepat diaplikasikan ke dalam event yang melibatkan anak-anak, seperti buka bersama anak yatim dan lomba hafiz cilik. Yang jelas, dengan tema ini kamu harus buat event bukber yang seru.

“Feel in Egypt”

tema ramadhan yang menarik

Tema ini sangat sesuai jika event yang kamu adakan ingin mengusung suasana Mesir di abad pertengahan. Tambahkan unsur piramida, patung sphinx, dan replika unta pada dekorasinya. Akan lebih keren lagi jika tema pakaian yang digunakan dapat disesuaikan dengan cara berpakaian penduduk Mesir di zaman dulu kala.

“Sparkling Ramadhan Hype”

tema ramadhan yang menarik

Ingin membuat event yang lebih glamor? Seperti misalnya event pagelaran busana muslim? Tema Ramadhan yang unik ini bisa jadi pilihan tema epik untuk event kamu. Sesuai dengan namanya, sparkling, event kamu bisa diramaikan dengan dekorasi yang berkilau dan lampu yang berkelap-kelip. Tidak lupa dimasukkan juga konten acara yang menarik untuk membangun “hype” yang diinginkan.

“Sweet Sugar Ramadhan”

tema ramadhan yang menarik

Sesuai dengan namanya, begitu melihat tema tersebut pasti akan langsung terbesit bayangan tentang event yang dipenuhi dengan banyak kudapan manis dengan bentuk yang lucu. Tema ini bisa juga digunakan untuk event berupa syukuran di bulan Ramadhan. Tinggal tambahkan aksen warna-warni pada dekorasi dan juga bingkisan yang akan dibagikan.

“Holy Jolly Month”

tema ramadhan yang menarik

Jika kamu ingin mengadakan event yang mengusung makna besar bulan suci Ramadhan sangat sesuai jika menggunakan tema “Holy Jolly Month”. Dari tema tersebut bisa tergambarkan sebuah event dengan konten seputar kajian Quran dan ceramah yang dikolaborasikan dengan permainan yang penuh keseruan. 

Konsep Rumah Jadi Masa Depan.

Menentukan konsep rumah merupakan hal yang susah-susah gampang. Pasalnya rumah adalah investasi jangka panjang sehingga beberapa orang menginginkan rumahnya terlihat mengikuti perkembangan jaman dalam belasan tahun ke depan. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan rumah masa depan dan masih bingung mau menggunakan konsep yang seperti apa, coba dulu simak beberapa konsep yang diprediksi oleh Kania berikut ini!

Rumah masa depan yang hangat dan modern

Rumah masa depan yang pertama mengusung konsep hangat sekaligus modern. Sebagian besar dindingnya dibuat menggunakan kaca dan atapnya dilapisi dengan kayu. Meski ukurannya tidak terlalu besar, rumah ini akan tetap terlihat lapang berkat dinding kaca.

Agar bagian dalam rumah tidak terlihat oleh orang asing, pastikan bagian dinding kaca menghadap ke arah taman belakang rumah atau tembok pembatas antar rumah.

Rumah masa depan terapung

Siapa bilang hanya kapal yang bisa terapung di atas air? Berkat kemajuan teknologi saat ini, rumah pun bisa dibangun terapung di atas air. Konsep rumah masa depan yang satu ini mengingatkan kita pada resort mewah yang ada di atas laut. Setuju?

Bayangkan betapa sejuknya saat pagi hari keluar rumah dan melihat pemandangan serba air yang cantik seperti ini.  Permasalahannya adalah apakah ada kawasan di Indonesia yang bisa dijadikan lahan rumah masa depan terapung ini?

Rumah masa depan penuh tanaman

Taman tidak selalu harus berada di bagian bawah atau taman halaman rumah. Kamu juga bisa membuat taman di atas atap rumah seperti ini! Untuk mewujudkan rumah masa depan dengan konsep seperti ini, kamu pertama-tama harus memiliki konstruksi atap yang kuat dan anti air.

Dengan demikian air yang terserap oleh tanah tidak akan merembes ke dalam rumah dan membuat atap lapuk. Selain itu pilihlah tanaman yang akarnya tidak terlalu besar dan menjalar ke segala arah, misalnya rumput taman dan semak-semak.

Rumah masa depan bergaya modern

Rumah bergaya modern dengan halaman besar nampaknya masih akan disukai sebagai konsep rumah masa depan. Gaya rumah yang satu ini sudah bertahan selama belasan tahun dan akan berlanjut terus. Agar terlihat semakin cantik, pastikan untuk menerapkan penerangan yang tepat. Misalnya meletakkan lampu di dinding eksterior, atap balkon, dan juga di antara semak-semak.

Rumah masa depan bergaya futuristik

Kalau konsep yang satu ini sangat cocok dikatakan sebagai rumah masa depan. Lihat saja bentuk bangunannya yang begitu mencerminkan gaya desain futuristik. Rumah masa depan ini tidak memiliki sudut tajam, melainkan melengkung. Dominasi warna putih tidak membuatnya terlihat monoton. Hasilnya malah jauh lebih elegan.

Rumah masa depan dengan bentuk unik

Seiring berkembangnya zaman, desain rumah pun akan mengalami perubahan. Jika dulu sebuah rumah hanya berbentuk persegi atau persegi panjang dengan atap segitiga, maka rumah masa depan akan memiliki bentuk yang lebih fleksibel mengarah ke unik bahkan abstrak. Sama sekali tidak simetris.

Salah satu contohnya adalah rumah unik yang luas lantai bawahnya berukuran lebih kecil dari lantai atas. Selain itu dindingnya juga menggunakan kaca sehingga terlihat modern dan memungkinkan sinar matahari menggantikan peran lampu di siang hari.

Tren Warna Rumah Minimalis di 2019!

Warna bukan sekedar pelengkap eksterior atau interior rumah, tetapi juga mencerminkan karakter penghuninya.  Tidak heran jika tren warna rumah selalu bergeser dari tahun ke tahun, karena memang kebutuhan akan warna rumah tidak akan pernah surut di dunia properti. Bagi kalian yang menggemari tema rumah minimalis, tentunya sudah tidak sabar mencari tahu trend warna rumah minimalis untuk tahun 2019. Yuk simak langsung 7 perkiraan tren warna rumah minimalis di tahun 2019!

Warna rumah minimalis hazelnut punya nuansa hangat dan mengundang dalam gaya krim muda yang klasik. Warna rumah minimalis ini juga mudah dikombinasikan dengan furnitur dan elemen dekor tanpa banyak kesulitan.

Hazelnut

Jika ingin merenovasi atau mengubah tatanan kamar dengan warna hazelnut, coba mulai dari bagian rumah yang terasa kelam dan gelap. Lalu aplikasikan warna rumah minimalis hazelnut untuk membuat suasana lebih terang, luas dan pastinya trendy sesuai warna 2019.

Abu Lilac

Warna abu- abu memang merupakan pilihan warna rumah minimalis yang paling populer. Menariknya lagi, gradasi warna abu yang bervariasi menjadikan warna rumah minimalis ini kian unik dan menarik untuk diaplikasikan.

Untuk tahun 2019, prediksi warna abu dengan undertone ungu akan cukup booming. Dengan injeksi warna ungu yang misterius, warna rumah minimalis ini membuat ruang terasa lebih hangat, netral, dan ceria pada saat yang bersamaan.  Untuk warna rumah minimalis yang berbeda dan gaya, boleh mulai berburu cat abu lilac yang unik ini.

Hijau Tua

Di dapuk sebagai warna yang paling dinanti-nanti pada tahun 2019 nanti, hijau tua ini lebih cenderung pada hijau tua di hutan rimba. Sebagai pilihan warna rumah minimalis, ada kesan botanik yang alami dan nyaman sekaligus berkarakter kuat.

Saat menggunakan hijau tua sebagai warna rumah minimalis, disarankan agar cat rumah ini dipilih untuk ruangan yang besar dan memiliki penerangan cukup. Ini supaya ruangan tetap terasa luas, leluasa dan punya estetika beda yang memukau.

Pastel Netral

Pastel sebagai pilihan warna rumah minimalis di tahun 2019 jauh dari kesan pastel yang girly atau kekanak-kanakan.  Kini, warna pastel dengan nuansa netral, kalem dan bertekstur kasar akan lebih disukai tanpa harus membedakan fungsi ruangan ataupun jenis kelamin.

Warna rumah minimalis dengan pastel netral cocok digunakan baik di dapur, kamar mandi ataupun backdrop ruangan bertema minimalis modern. Kesan kontemporer dari pastel netral akan lebih dramatis dan efektif dibandingkan dengan hitam putih sekalipun. Layak dicoba guys!

Biru Baru

Biru sebagai pilihan warna rumah minimalis memang tidak ada matinya. Mulai dari biru tua, biru es, hingga biru abu-abu dan biru pucat, semuanya masih akan cukup diminati sebagai warna interior rumah tahun 2019.

Penekanan nuansa lembbut dan nyaman akan disukai pada warna rumah minimalis. Sedangkan warna nautikal alias biru laut mungkin akan mulai ditinggali. Pastinya, warna biru sebagai warna rumah minimalis cocok untuk gaya kasual yang erat dengan kegiatan keluarga.

Mustard

Bagi kalian yang mencari warna rumah minimalis dengan sentuhan ala emas yang lebih kalem, mustard akan jadi solusi yang tepat. Trend mustard gelap atau kuning kecoklatan memang mulai merambah di dunia fashion karena identik dengan aksen yang kaya dan smart.

Untuk warna rumah minimalis, pilih mustard yang lebih netral pada dinding rumah. Warna ini juga lebih cocok diaplikasikan dalam dosis kecil, misalnya hanya pada satu bidang dinding dibandingkan seluruh ruangan. Padukan juga dengan dekorasi artistik untuk kesan interior yang up-to-date.

Clay Lembut

Spirit yang dekat dengan bumi, warna clay sebagai warna rumah minimalis punya beberapa variasi gradasi, yaitu beige,  coklat muda, karamel, terakota, cengkeh hingga oranye tua yang semuanya tidak terlalu dominan dan netral. Sebagai trend warna interior dan warna rumah minimalis 2019, kamu boleh  mencoba gaya warna ini pada beberapa bidang dinding sebagai aksen atau backsplash.