Dekorasi Rumah Paling Canggih

Rumah kini tidak hanya sekedar tempat berlindung. Seiring dengan perkembangan teknologi, rumah pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memiliki teknologi tinggi. Hal ini membuat Anda semakin nyaman berada di rumah karena dimanjakan oleh berbagai kemudahan.

Stephan Jaklitsch, Arsitek Taman

David Mann, Desainer Interior dan Eksterior

David Leven dan Stella Betts, Arsitek

Ron Radziner, Desainer Eksterior

Fabian Hecker, Arsitek

Mitos dan Fakta Tentang Rumah

Berbicara tentang mitos, siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu bentuk warisan kebudayaan satu ini. Setiap peradaban di dunia memiliki mitos-mitosnya sendiri, tak terkecuali di Jawa ini. Walaupun kita sekarang telah hidup di zaman modern, nyatanya kita masih tidak bisa benar-benar terlepas dari mitos. Nahdari berbagai mitos yang ada dan dikenal masyarakat Jawa, mitos yang berkaitan dengan rumah adalah hal yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Penasaran kan, rumah dengan kondisi-kondisi yang bagaimana sih yang dimaksud? Yuk simak mitos-mitos rumah di bawah ini!

1. Rumah menghadap ke timur

Rumah menghadap ke timur dipercaya paling “unik” apabila dibandingkan dengan  rumah yang menghadap ke arah-arah lainnya. “Unik” yang dimaksud adalah bahwa rumah yang menghadap ke timur ini memiliki energi negatif. Penghuninya biasanya dihadapkan dengan masalah-masalah yang beragam, mulai dari pertengkaran antar anggota keluarga, sakit-sakitan, sampai sulit mendapatkan rezeki. Jadi ketika ingin membangun rumah, bisa dibilang bahwa timur merupakan pantangan untuk dijadikan arah muka rumah. Hmm, percaya nggak dengan mitos rumah ini?

2. Rumah yang memiliki luwang mayit di dalamnya

Mitos rumah yang satu ini terdengar agak aneh. Disebut luwang mayit karena ukuran ruangannya adalah sekitar 2×1 meter, serupa dengan ukuran luwang mayit (liang kubur). Luwang mayit biasanya menjadi pemisah antara ruangan satu dan ruangan lainnya serta letaknya tepat di tengah-tengah dengan diapit tembok/sekat di ketiga sisinya. Gampangnya sebut saja lorong buntu. Menurut mitos, rumah yang memiliki luwang mayit tidak nyaman untuk ditempati dan hawanya berasa panas terus sehingga penghuninya menjadi tidak betah. Apabila rumah tersebut dijual atau dikontrakkan, penghuni rumah tersebut juga tidak akan bisa menetap lama.

3. Rumah dengan seluruh pintunya lurus sejajar

Mitos rumah yang satu ini hanya berlaku bagi rumah yang seluruh pintunya lurus sejajar dari depan sampai belakang. Dengan kondisi rumah yang seperti ini, energi yang masuk ke dalam rumah akan langsung keluar karena letak pintu-pintu yang semuanya sejajar. Oleh karena itu, penghuni rumah seperti ini pun dipercaya akan sulit mengelola keuangannya. Seperti energi yang masuk rumah dan langsung keluar lagi, rezeki yang diperoleh penghuninya pun juga akan cepat ‘lari’.

4. Rumah “Tusuk Sate”

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan mitos rumah “tusuk sate”. Bener banget, rumah “tusuk sate” sendiri merupakan sebutan untuk rumah yang terletak tepat di ujung pertigaan dan terkesan seperti memangku jalan. Oleh karena letaknya yang berada di tengah-tengah, rumah ini dipercaya menjadi titik pertemuan energi-energi yang berbeda sehingga menciptakan energi negatif di dalamnya. Menurut mitos turun-temurun, rumah dengan kondisi ini dapat mendatangkan bencana, kesialan, atau bahkan kematian. Serem juga.

5. Rumah dengan banyak benda yang terbuat dari logam

Agak angker juga nih rumah yang di dalamnya menyimpan benda-benda yang terbuat dari logam. Tapi tenang aja, panci-panci dan wajan di dapur kamu nggak masuk hitungan untuk kategori ini kok. Benda-benda dari logam yang dimaksud adalah benda-benda dengan kadar logam yang cukup berat, seperti pedang, keris, dan perangkat gamelan yang terbuat dari kuningan. Benda-benda logam tersebut memiliki gelombang elektromagnetik yang sangat kuat sehingga jin dan makhluk halus lainnya dikabarkan sangat menyukainya dan bahkan ada yang menetap di dalamnya.

6. Rumah yang kotor

Mitos rumah yang satu ini wajib banget kamu perhatikan, karena bisa saja ini adalah rumahmu! Piring kotor atau pakaian kotor yang sering kamu letakkan sembarangan ternyata bisa mengundang kehadiran makhluk dari dunia lain. Biar nggak kejadian, mending rajin-rajin menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan rumah deh mulai sekarang. Menurut kepercayaan, makhluk tidak kasat mata suka mendatangi sumber bau-bau yang tidak enak, seperti bau keringat pada pakaian kotor, bau daging atau amis dari sisa-sisa makanan di piring kotor, dan bau-bau dari sumber sampah yang mengendap lama. Bener atau enggaknya semoga kamu tetap rajin menjaga kebersihan rumah ya.

7. Rumah yang pernah ditempati orang gila

Menurut mitos, rumah yang pernah ditempati orang gila juga memiliki banyak energi negatif di dalamnya sehingga dapat memengaruhi keberuntungan penghuni selanjutnya apabila tidak “dibersihkan”. Rumah yang tidak “dibersihkan” dapat menciptakan perasaan tidak nyaman, menghambat datangnya rezeki, atau mendatangkan kesialan. Nggak cuma orang gilanya, rumah bekas yang telah ditinggali orang gila juga sama berbahayanya ya ternyata.

Desain Rumah Kekinian

Di tengah berkurangnya lahan perumahan dan melambungnya harga properti, ukuran rumah menjadi semakin mungil dengan tuntutan kebutuhan dan kenyamanan yang sama bahkan cenderung meningkat. Di sinilah kecerdikan dan kreativitas diuji untuk menciptakan desain interior rumah mungil kekinian yang sederhana tapi elegan.  Artikel kali ini akan menyajikan beberapa ide desain interior rumah mungil yang dapat menjadi acuan untuk memunculkan ide-ide segar yang unik dan menjadi jati diri rumah Anda.      

1.  Desain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur sebagai fasilitas utama sebuah rumah menjadi hal yang harus didahulukan dalam perancangan. Konsep desain interior kamar tidur yang ingin dikedepankan oleh Andy Rahman adalah prinsip-prinsip dasar arsitektur, yaitu: spiritualitas, keharmonisan material dengan lingkungan, dan kesadaran tentang urban. Sebagian dinding sengaja dibiarkan ‘tidak selesai’ dengan acian yang tidak dicat. Lantai dari kayu crate dengan pintu balkon terbuat dari pintu kaca lipat untuk memberi kelegaaan pada kamar tidur yang mungil ini. Selain artistik dan berpadu apik dengan lingkungan tropis, semua material seperti ini tampak elegan, namun mudah dan murah dalam perawatannya. 

Jika dilihat dari fotonya, pastilah Anda mengira bahwa kamar tidur yang elegan ini berada di dalam rumah mewah yang besar.  Padahal, rumah ini hanya berukuran 6×15 m saja, bahkan terhimpit di antara rumah-rumah lainnya.

2.  Desain Interior Kamar Tidur Apartemen

Kamar tidur apartemen yang seringkali tidak terlalu luas, bisa ‘disulap’ menjadi lega dan elegan.  Rancanglah lemari multifungsi sebagai penanda area kamar tidur. Selain memberi kesan kamar tidur sebagai area privasi, desain lemari seperti ini menjadi andalan desain interior untuk ruang mungil. Desain ini keren karena ide, bentuk, dan susunannya bisa berbeda-beda, sesuai kebutuhan, keinginan, dan gaya pemiliknya.

3.  Desain Interior Multifungsi

Terbatasnya luas ruang tidak membatasi berkembangnya kebutuhan yang harus dipenuhi. Ide-ide multifungsi dalam desain interior yang tidak ada batasnya dapat dimanfaatkan untuk menyiasatinya.

Mulai dari pintu lemari yang berfungsi ganda sebagai meja baca atau meja kerja, tempat tidur yang bisa disembunyikan di dalam rak, atau bahkan murphy bed dalam berbagai model. Selain di area kamar tidur, desain interior multifungsi bisa diterapkan untuk berbagai furnitur, termasuk area duduk di bawah jendela (window seat).

5.  Desain interior open-plan

Trik yang paling efektif dan sedang tren saat ini untuk menyiasati interior rumah mungil adalah ‘open-plan’.  Konsep ini memberikan ide pilihan elemen selain dinding sebagai pembatas ruang. Batas antar ruang tidak melulu berupa dinding masif. Bisa memanfaatkan kolom, furnitur, bahkan perbedaan warna. Konsep open-plan juga memberikan aliran ruang yang nyaman dan lega.

6.  Desain bukaan untuk interior rumah mungil

Rumah seluas 89 m2  ini rampung pada Desember 2015.  Yu Sing sengaja mendesain banyak bukaan maksimal, bahkan sampai mencapai dinding atap, untuk pencahayaan dan sirkulasi udara agar rumah ini hemat energi dan tidak sumpek karena ukurannya yang mungil.

7.  Desain tangga untuk rumah mungil 

Rumah 2 lantai ini dibangun di tapak seluas 96 m2 dengan luas bangunan 117 m2. Sebagai penghubung antar lantai dan bagian dari interior, desain tangga di rumah mungil juga harus dipertimbangkan sebaik-baiknya karena persentase ruang yang dibutuhkannya cukup ‘memakan tempat’.

Budget yang terbatas serta kebutuhan ruang yang banyak di tengah lahan yang sempit dan terhimpit, membuat Arsitek melahirkan Konsep Split-Grow House , yaitu Rumah Split yang tumbuh seiring dengan kemampuan budget dari pemiliknya. Konsep split digunakan untuk mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara 3 lantai, namun dimanipulasi hingga terlihat 2 lantai apabila dilihat dari sisi depan rumah sehingga tidak terlihat mencolok dan membalap tinggi rumah tetangganya.

Manfaatkan ruang di bawah anak tangga sebagai rak atau perpustakaan di rumah. Desain ini memberikan cukup banyak ruang untuk meletakkan dan menyimpan barang sambil tetap menjaga kebersihan dan kerapian ruang sehingga ruang tetap lega.

8.  Desain void dan taman untuk rumah mungil

Seringkali ukuran rumah mungil dibarengi dengan himpitan dari rumah tetangga. Void dapat menjadi solusi cerdas untuk mengatasi kesumpekan, kurangnya pencahayaan, dan polusi suara dari rumah tetangga. Area di bawah voidjuga bisa dijadikan taman minimalis yang menambah kesan lega karena bagian lingkungan luar berada di dalam ruang.

Mitos bahwa rumah mungil di lahan yang sempit pastilah sumpek dan tidak nyaman tidaklah benar. Begitu juga dengan anggapan bahwa biaya interior pastilah mahal dan tidak terjangkau para pemilik rumah mungil, tidaklah benar. Penerapan ide-ide desain interior yang tepat dapat mengatasi kedua permasalahan ini dan mengembangkannya menjadi desain interior rumah mungil kekinian yang sederhana tapi elegan.

Tips and Trick Desain Minimalis Untuk Rumah Yang Minimalis

Nyaman tidaknya sebuah rumah tergantung dari sudut pandang penghuninya, namun hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah yaitu dekorasinya. Dengan dekorasi suasana rumah tidak hanya nyaman namun juga indah di mata. Dalam hal dekorasi rumah, luas sebuah rumah akan sangat menentukan kemudahan dalam dekorasi. Untuk rumah yang berdiri dilahan yang luas tentu tidak mengalami kendala dalam hal dekorasi, segala perabot dapat ditempatkan sesuka hati karena area yang luas.

Berbeda dengan rumah minimalis sederhana yang berdiri di lahan yang sempit, penggunaan perabot harus di lebih dipertimbangkan agar ruangan tidak semakin sempit. Namun bukan tidak mungkin rumah minimalis sederhana mampu tampil manis, dengan beberapa sentuhan yang baik dan benar, kamu juga bisa mendapatkan desain yang manis untuk rumah minimalis kamu. Dekorasi rumah tidak harus dipaksakan tampil mewah, dekorasi yang mewah justru membutuhkan budget yang besar pula. Untuk kamu dengan budget kecil tampil sederhana bukanlah sebuah ide yang buruk, rumah minimalis kamu tetap bisa tampil  indah dan nyaman meski dengan dekorasi yang sederhana.

Pada post kali ini Kania akan berbagi tips dekorasi rumah minimalis sederhana.

Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana

Keterbatasan ruang untuk rumah minimalis membuat kamu harus lebih memperhatikan dekorasi rumahmu, tidak semua jenis perabot bisa kamu masukkan ke dalam rumah. Penggunaan barang secara berlebihan akan membuat tampilan rumah terasa sempit, dan ini tentu tidak sedap dipandang mata. Selain perabot, terdapat juga hal lain yang harus kamu perhatikan dalam dekorasi rumah minimalis sederhana. Apa saja?

Perhatikan Penggunaan Perabot Rumah

Gaya rumah minimalis sederhana tentu membuat kamu sedikit berpikir saat akan membeli perabotan, keterbatasan ruangan menjadi salah satu faktornya.

Jangan lupa perhatikan penggunaan perabot rumah. Gunakan perabot seperlunya saja agar sesuai dengan luas ruangan. Ada hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian kamu dalam memilih perabot:

  • Desain perabot – desain dari perabot harusnya mengikuti ukuran ruangan, jika memungkinkan kamu bisa memesan perabot khusus untuk rumahmu agar sesuai dengan kondisi ruang.
  • Warna – warna yang dipilih sebaiknya serasi dengan warna dinding. Untuk tampak lebh indah kamu bisa menentukan tema untuk dekorasi rumah minimalis sederhana. Misalnya dengan mengadopsi gaya skandavia yang kebanyakan menggunakan warna putih.
  • Ukuran – ukuran juga penting untuk diperhatikan, jangan membawa pulang perabot atau item lain dengan ukuran yang besar. Untuk kesan rumah minimalis sederhana, gunakan perabotan atau item yang berukuran mungil sehingga tidak membuat ruang sempit. Hal ini bagus untuk mendekorasi rumah minimalis.

Pilihan Warna

Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera kamu, sebaiknya gunakan warna yang senada yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna kalem seperti abu-abu atau putih lebih membuat tampilan sebuah rumah terkesan sederhana namun juga terlihat elegan. Agar tidak bosan, kamu bisa memadupadankan 1 hingga 2 warna, misalnya untuk dinding menggunakan warna putih sedangkan atap memakai warna abu-abu. Untuk keserasian, kamu bisa memilih warna yang serasi dengan warna perabot rumah minimalis sederhana.

Wallpaper

Penggunaan wallpaper dapat membuat tampilan rumah anda lebih indah. Untuk tampilan yang sederhana. wallpaper yang dipilih sebaiknya tidak bermotif terlalu ramai. Ingat juga untuk menggunakan wallpaper untuk sebagian sudut ruangan saja, jangan memenuhi seluruh ruangan, karena penggunaan wallpaper yang penuh seluruh ruangan justru membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit. Kamu tentu ingin tampilan rumah minimalis sederhana kamu terlihat lebih luas dan lega.

Refleksi

Cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan membuat pantulan yang membuat ruang tersebut terkesan lebih luas. Kamu bisa menggunakan cermin dengan ukuran sedang dilengkapi bingkai kecil dipinggirnya.

Pengaturan cahaya

Pengaturan cahaya akan mampu membuat tampilan rumah kamu berbeda, sehingga pengaturan cahaya sangat penting untuk rumah minimalis sederhana. Dengan pengaturan cahaya yang benar, kamu bisa mendapatkan suasana yang membuat ruangan terlihat lebih luas.

Manfaatkan Sudut Ruangan dengan Baik

Keterbatasan ruang gerak ini harus dapat kamu siasati dengan sebaik mungkin, setiap sudut ruangan harus memiliki fungsi yang jelas. Setiap sudut ruangan harus digunakan sebaik mungkin berhubung area rumah minimalis sederhana tidakah luas.

Contohnya seperti penataan dapur, dengan ukuran rumah yang sempit sebaiknya kamu menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam 1 ruangan yang sama. Gunakan meja makan mungil agar tidak menganggu gerak kamu selama di dapur.

Ruang Penyimpanan Sederhana

Tentu kamu mempunyai barang-barang yang tidak bisa diletakkan sembarang tempat sehingga membutuhkan ruang penyimpanan khusus, bukan?

 

 

Penyimpanan akan membuat tampilan rumah kamu semakin tertata rapi dan bersih. Agar tidak semakin sempit, kamu bisa memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci. Dengan begitu kamu tidak membutuhkan perabot tambahan yang membuat ruangan semakin sempit.

Gunakan Jendela dengan Ukuran Besar

Jendela sangat penting untuk sirkulasi udara dan juga sebagai celah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Tambahkan sebuah jendela dengan ukuran yang besar, agar jumlah cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan pada siang hari.

Tambahkan Aksesoris

Penggunaan aksesoris juga dapat membuat rumah dapat tampil manis dan indah. Tapi jumlah aksesoris yang kamu gunakan sebaiknya tidak terlalu banyak,agar tidak terlalu ramai. Penempatan aksesoris juga sebaiknya ditempatkan pada tempat khusus yang tidak menghalangi pandangan. Di perkakaskayu.com atau instaram @perkakas.kayu kamu juga bisa nemuin dekorasi rumah yang unik loh.

Dekorasi Rumah Dengan Dekorasi Baru

Selain dipenuhi dengan banyak harapan, awal tahun merupakan langkah yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru. Anda dapat memulai satu kebaruan di awal tahun dari hal terdekat, seperti lingkungan rumah.

Desain Interior Warna Abu-Abu; Pilihan Warna Interior Elegan yang Jauh dari Kesan Suram

Mengkreasi suasana baru di rumah tidak harus dengan memiliki hunian baru. Anda cukup mendekorasinya kembali untuk mendapatkan nuansa dan tampilan yang segar.

Dengan nuansa dan tampilan yang berbeda setiap waktu, rumah dapat menjadi “dapur produksi” semangat. Hunian dengan tampilan yang baru dan nyaman, mampu melahirkan hal-hal positif serta memberi semangat sepanjang hari. Saatnya menengok setiap bagian di rumah Anda; kira-kira bagian ruang atau area mana saja yang perlu mendapatkan sentuhan dekorasi dan atau desain yang baru?

Berikut beberapa rekomendasi desain dan dekorasi untuk mendapatkan suasana ruang yang berbeda dan unik di dalam rumah;

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Sentuhan Floral

Jika ruang tamu atau ruang keluarga nampak biasa dengan sofa polos yang diletakkan begitu saja, saatnya bermain dengan motif bunga. Motif bunga atau yang juga dikenal dengan sebutan floral, kerap diidentikan dengan gaya klasik. Sentuhan floral sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya vintage dan shabby chic, sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu masa kini. Anda dapat menghadirkan sentuhan floral pada sarung bantal sofa, hiasan dinding bergambar bunga atau wallpaper motif bunga. Ruang tamu maupun ruang keluarga akan nampak hangat dan inviting dengan sentuhan floral. Tampilan ruang pun terasa lebih baru dan menarik.

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Mengganti Warna Dinding

Mengganti warna dinding merupakan cara paling mudah dan murah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah suasana. Meski terkesan simpel, namun mengubah warna dinding mampu melahirkan kebaruan pada ruangan. Warna-warna juga dapat memberi kesan berbeda pada penampilan setiap ruang.

Untuk ruangan berukuran kecil misalnya, Anda dapat mengganti warna dindingnya dengan warna cerah dan netral. Warna-warna tersebut akan memberi kesan terang dan lapang. Penggunaan warna pastel juga sangat disarankan. Warna pastel juga dapat memberi kesan luas dan suasana lembut ke dalam ruangan.

Jika menginginkan penampilan dan kesan elegan, penggunaan warna gelap dapat menjadi pilihan. Warna gelap seperti navy, emerald green hingga olive green, dapat memberi tampilan yang unik dan berbeda. Juga suasana lain dengan nuansa elegan yang cukup kuat.

Dekorasi Rumah Sederhana Jadi Mewah dengan Lampu ala Victorian

Lampu juga mampu memberi tampilan yang baru dan berbeda pada ruangan.Bahkan, pilihan model dan jenis lampu tertentu bisa menampkakan suasana yang mewah serta elegan. Anda dapat merasakan sensasi hidup di rumah-rumah Inggris pada abad-19 dengan elemen dekoratif seperti penggunaan lampu model victorian.

Pilihlah lampu gantung kristal yang elegan dan klasik. Model lampu kristal ini akan memberi kesan baru ala hunian-hunianvictorian yang super mewah.

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Hiasan Dinding

Dekorasi paling mudah untuk mendapatkan suasana baru di ruangan lama adalah dengan hiasan dinding atau wall art. Anda dapat menempatkan pajangan berukuran besar di ruangan-ruangan favorit.

Pajangan dinding berukuran super besar mampu memberi kesan unik pada ruangan. Selain itu, jenis wall art ini mampu melahirkan suasana menyenangkan dan nyaman. Dekorasi dinding memberikan tampilan yang unik dan tidak membosankan pandangan. Hiasan-hiasan dinding tersebut bisa berupa foto keluarga, lukisan atau juga tipografi. Anda dapat meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, atau di ruangan-ruangan favorit lain di rumah Anda.

Inspirasi Dekorasi Bulan Ramadhan

Ramadhan memang sudah akan berakhir dalam hitungan hari, tapi belum terlambat untuk tetap semangat mencari kebaikan dan berlomba-lomba mencari tema Ramadhan yang menarik untuk mengadakan event ataupun kampanye di media sosial. Memang susah-susah gampang untuk mendapatkan tema yang sesuai dengan event Ramadhan yang direncanakan, tapi bukan berarti sulit, kan? Misalnya untuk event seperti buka bersama, festival kuliner, kajian ilmu Quran, silaturahmi, bahkan untuk branding campaign di media sosial.

Kumpulan inspirasi tema Ramadhan yang menarik
Nah, dalam bahasan blog kali ini akan diulas kumpulan tema Ramadhan yang menarik untuk diaplikasikan di dalam event Ramadhan kamu. Mari simak satu per satu, yuk!

“Colorful Ramadhan”

tema ramadhan yang menarik

Ini adalah tema yang tepat jika event Ramadhan yang akan kamu adakan ingin mengusung suasana warna-warni dan keceriaan. Tema kegiatan Ramadhan yang satu ini sangat tepat diaplikasikan ke dalam event yang melibatkan anak-anak, seperti buka bersama anak yatim dan lomba hafiz cilik. Yang jelas, dengan tema ini kamu harus buat event bukber yang seru.

“Feel in Egypt”

tema ramadhan yang menarik

Tema ini sangat sesuai jika event yang kamu adakan ingin mengusung suasana Mesir di abad pertengahan. Tambahkan unsur piramida, patung sphinx, dan replika unta pada dekorasinya. Akan lebih keren lagi jika tema pakaian yang digunakan dapat disesuaikan dengan cara berpakaian penduduk Mesir di zaman dulu kala.

“Sparkling Ramadhan Hype”

tema ramadhan yang menarik

Ingin membuat event yang lebih glamor? Seperti misalnya event pagelaran busana muslim? Tema Ramadhan yang unik ini bisa jadi pilihan tema epik untuk event kamu. Sesuai dengan namanya, sparkling, event kamu bisa diramaikan dengan dekorasi yang berkilau dan lampu yang berkelap-kelip. Tidak lupa dimasukkan juga konten acara yang menarik untuk membangun “hype” yang diinginkan.

“Sweet Sugar Ramadhan”

tema ramadhan yang menarik

Sesuai dengan namanya, begitu melihat tema tersebut pasti akan langsung terbesit bayangan tentang event yang dipenuhi dengan banyak kudapan manis dengan bentuk yang lucu. Tema ini bisa juga digunakan untuk event berupa syukuran di bulan Ramadhan. Tinggal tambahkan aksen warna-warni pada dekorasi dan juga bingkisan yang akan dibagikan.

“Holy Jolly Month”

tema ramadhan yang menarik

Jika kamu ingin mengadakan event yang mengusung makna besar bulan suci Ramadhan sangat sesuai jika menggunakan tema “Holy Jolly Month”. Dari tema tersebut bisa tergambarkan sebuah event dengan konten seputar kajian Quran dan ceramah yang dikolaborasikan dengan permainan yang penuh keseruan. 

Konsep Rumah Jadi Masa Depan.

Menentukan konsep rumah merupakan hal yang susah-susah gampang. Pasalnya rumah adalah investasi jangka panjang sehingga beberapa orang menginginkan rumahnya terlihat mengikuti perkembangan jaman dalam belasan tahun ke depan. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan rumah masa depan dan masih bingung mau menggunakan konsep yang seperti apa, coba dulu simak beberapa konsep yang diprediksi oleh Kania berikut ini!

Rumah masa depan yang hangat dan modern

Rumah masa depan yang pertama mengusung konsep hangat sekaligus modern. Sebagian besar dindingnya dibuat menggunakan kaca dan atapnya dilapisi dengan kayu. Meski ukurannya tidak terlalu besar, rumah ini akan tetap terlihat lapang berkat dinding kaca.

Agar bagian dalam rumah tidak terlihat oleh orang asing, pastikan bagian dinding kaca menghadap ke arah taman belakang rumah atau tembok pembatas antar rumah.

Rumah masa depan terapung

Siapa bilang hanya kapal yang bisa terapung di atas air? Berkat kemajuan teknologi saat ini, rumah pun bisa dibangun terapung di atas air. Konsep rumah masa depan yang satu ini mengingatkan kita pada resort mewah yang ada di atas laut. Setuju?

Bayangkan betapa sejuknya saat pagi hari keluar rumah dan melihat pemandangan serba air yang cantik seperti ini.  Permasalahannya adalah apakah ada kawasan di Indonesia yang bisa dijadikan lahan rumah masa depan terapung ini?

Rumah masa depan penuh tanaman

Taman tidak selalu harus berada di bagian bawah atau taman halaman rumah. Kamu juga bisa membuat taman di atas atap rumah seperti ini! Untuk mewujudkan rumah masa depan dengan konsep seperti ini, kamu pertama-tama harus memiliki konstruksi atap yang kuat dan anti air.

Dengan demikian air yang terserap oleh tanah tidak akan merembes ke dalam rumah dan membuat atap lapuk. Selain itu pilihlah tanaman yang akarnya tidak terlalu besar dan menjalar ke segala arah, misalnya rumput taman dan semak-semak.

Rumah masa depan bergaya modern

Rumah bergaya modern dengan halaman besar nampaknya masih akan disukai sebagai konsep rumah masa depan. Gaya rumah yang satu ini sudah bertahan selama belasan tahun dan akan berlanjut terus. Agar terlihat semakin cantik, pastikan untuk menerapkan penerangan yang tepat. Misalnya meletakkan lampu di dinding eksterior, atap balkon, dan juga di antara semak-semak.

Rumah masa depan bergaya futuristik

Kalau konsep yang satu ini sangat cocok dikatakan sebagai rumah masa depan. Lihat saja bentuk bangunannya yang begitu mencerminkan gaya desain futuristik. Rumah masa depan ini tidak memiliki sudut tajam, melainkan melengkung. Dominasi warna putih tidak membuatnya terlihat monoton. Hasilnya malah jauh lebih elegan.

Rumah masa depan dengan bentuk unik

Seiring berkembangnya zaman, desain rumah pun akan mengalami perubahan. Jika dulu sebuah rumah hanya berbentuk persegi atau persegi panjang dengan atap segitiga, maka rumah masa depan akan memiliki bentuk yang lebih fleksibel mengarah ke unik bahkan abstrak. Sama sekali tidak simetris.

Salah satu contohnya adalah rumah unik yang luas lantai bawahnya berukuran lebih kecil dari lantai atas. Selain itu dindingnya juga menggunakan kaca sehingga terlihat modern dan memungkinkan sinar matahari menggantikan peran lampu di siang hari.

Tren Warna Rumah Minimalis di 2019!

Warna bukan sekedar pelengkap eksterior atau interior rumah, tetapi juga mencerminkan karakter penghuninya.  Tidak heran jika tren warna rumah selalu bergeser dari tahun ke tahun, karena memang kebutuhan akan warna rumah tidak akan pernah surut di dunia properti. Bagi kalian yang menggemari tema rumah minimalis, tentunya sudah tidak sabar mencari tahu trend warna rumah minimalis untuk tahun 2019. Yuk simak langsung 7 perkiraan tren warna rumah minimalis di tahun 2019!

Warna rumah minimalis hazelnut punya nuansa hangat dan mengundang dalam gaya krim muda yang klasik. Warna rumah minimalis ini juga mudah dikombinasikan dengan furnitur dan elemen dekor tanpa banyak kesulitan.

Hazelnut

Jika ingin merenovasi atau mengubah tatanan kamar dengan warna hazelnut, coba mulai dari bagian rumah yang terasa kelam dan gelap. Lalu aplikasikan warna rumah minimalis hazelnut untuk membuat suasana lebih terang, luas dan pastinya trendy sesuai warna 2019.

Abu Lilac

Warna abu- abu memang merupakan pilihan warna rumah minimalis yang paling populer. Menariknya lagi, gradasi warna abu yang bervariasi menjadikan warna rumah minimalis ini kian unik dan menarik untuk diaplikasikan.

Untuk tahun 2019, prediksi warna abu dengan undertone ungu akan cukup booming. Dengan injeksi warna ungu yang misterius, warna rumah minimalis ini membuat ruang terasa lebih hangat, netral, dan ceria pada saat yang bersamaan.  Untuk warna rumah minimalis yang berbeda dan gaya, boleh mulai berburu cat abu lilac yang unik ini.

Hijau Tua

Di dapuk sebagai warna yang paling dinanti-nanti pada tahun 2019 nanti, hijau tua ini lebih cenderung pada hijau tua di hutan rimba. Sebagai pilihan warna rumah minimalis, ada kesan botanik yang alami dan nyaman sekaligus berkarakter kuat.

Saat menggunakan hijau tua sebagai warna rumah minimalis, disarankan agar cat rumah ini dipilih untuk ruangan yang besar dan memiliki penerangan cukup. Ini supaya ruangan tetap terasa luas, leluasa dan punya estetika beda yang memukau.

Pastel Netral

Pastel sebagai pilihan warna rumah minimalis di tahun 2019 jauh dari kesan pastel yang girly atau kekanak-kanakan.  Kini, warna pastel dengan nuansa netral, kalem dan bertekstur kasar akan lebih disukai tanpa harus membedakan fungsi ruangan ataupun jenis kelamin.

Warna rumah minimalis dengan pastel netral cocok digunakan baik di dapur, kamar mandi ataupun backdrop ruangan bertema minimalis modern. Kesan kontemporer dari pastel netral akan lebih dramatis dan efektif dibandingkan dengan hitam putih sekalipun. Layak dicoba guys!

Biru Baru

Biru sebagai pilihan warna rumah minimalis memang tidak ada matinya. Mulai dari biru tua, biru es, hingga biru abu-abu dan biru pucat, semuanya masih akan cukup diminati sebagai warna interior rumah tahun 2019.

Penekanan nuansa lembbut dan nyaman akan disukai pada warna rumah minimalis. Sedangkan warna nautikal alias biru laut mungkin akan mulai ditinggali. Pastinya, warna biru sebagai warna rumah minimalis cocok untuk gaya kasual yang erat dengan kegiatan keluarga.

Mustard

Bagi kalian yang mencari warna rumah minimalis dengan sentuhan ala emas yang lebih kalem, mustard akan jadi solusi yang tepat. Trend mustard gelap atau kuning kecoklatan memang mulai merambah di dunia fashion karena identik dengan aksen yang kaya dan smart.

Untuk warna rumah minimalis, pilih mustard yang lebih netral pada dinding rumah. Warna ini juga lebih cocok diaplikasikan dalam dosis kecil, misalnya hanya pada satu bidang dinding dibandingkan seluruh ruangan. Padukan juga dengan dekorasi artistik untuk kesan interior yang up-to-date.

Clay Lembut

Spirit yang dekat dengan bumi, warna clay sebagai warna rumah minimalis punya beberapa variasi gradasi, yaitu beige,  coklat muda, karamel, terakota, cengkeh hingga oranye tua yang semuanya tidak terlalu dominan dan netral. Sebagai trend warna interior dan warna rumah minimalis 2019, kamu boleh  mencoba gaya warna ini pada beberapa bidang dinding sebagai aksen atau backsplash. 

Pakai Ini Buat Rumahmu Menjadi Pintar!

Kemajuan teknologi sekarang membuat pekerjaan rumah mu menjadi lebih mudah. Selama ini alat canggih yang banyak diketahui orang adalah google home, tapi tidak hanya itu. Ternyata banyak alat canggih yang membuat rumahmu menjadi pintar.

Robot Pembersih Debu dan Lantai

Setelah pulang bekerja, badan sudah lelah sehingga ingin langsung beristirahat tidur. Hal ini terkadang membuat rasa tidak nyaman karena debu yang menumpuk di lantai atau perabotan rumah. Cleaning Ball akan memberi rasa nyaman karena rumah jadi lebih bersih. Bentuknya fluffy sepeti kucing yang penuh dengan bulu dan akan menggelinding layaknya bola saat membersihkan. Perangkat ini juga dikontrol menggunakan smartphone, sehingga Anda tidak perlu lelah mondar-mandir. Untuk membersihkan Mocoro, pengguna hanya perlu memasukkannya ke dalam mesin cuci dan bisa dipakai kembali untuk mempercantik rumah.

Jam Digital Multi Fungsi

Dari sekian banyak produk Amazon, Echo Spot jadi benda wajib dimiliki. Fungsi yang dimilikinya bukan hanya jam digital, tetapi seperti layar kecil yang multiguna. Pemilik dapat memajang foto atau video yang bisa menambah kesan keluarga yang hangat. Bentuknya yang bulat dengan warna putih juga membuat rumah tampak sederhana tetapi elegan. Terdapat juga fitur memo, sehingga anggota keluarga dapat saling menitipkan pesan ketika sedang tidak di rumah. Echo Spot juga bisa jadi alarm saat kumpul keluarga atau ada tayangan acara favorit yang ingin ditonton.

Pengatur Suhu Ruangan

Untuk urusan mengukur dan mengatur suhu ruangan, Nest Thermostat bisa diandalkan. Pemilik rumah dapat membuat rumah menjadi tempat paling nyaman dengan suhu yang tepat. Cara mengaturnya hanya dari smartphone, bisa dilakukan secara manual atau otomatis. Bentuknya bulat seperti jam dinding akan menambah cantik rumah Anda. Perangkat ini juga diberi teknologi ramah lingkungan, sehingga pengaturan suhu akan lebih hemat listrik. Ingin sejuk saat siang hari atau hangat saat malam hari, semua bisa dilakukan dengan Nest Thermostat. 

Lampu Meja Desain Modern

Bagi yang suka membaca buku, lampu di langit-langit terkadang dirasa terlalu terang. Maka, dibutuhkan sebuah lampu meja yang memberikan cahaya lebih efisien untuk nyaman membaca buku. ModernDek Notepad Lamps bisa dipilih karena bentuknya yang unik dan cahaya yang cukup untuk membaca. Dalam penyimpanannya, lampu ini bisa ditutup layaknya buku berbentuk setengah lingkaran. Memiliki tiga pilihan warna, hitam, oranye, dan biru, bisa disesuaikan untuk karakter ruangan tempat membaca.

Berkebun di Dalam Rumah

Menanam tanaman di dalam rumah tanpa medium tanah? Sangat bisa dilakukan dengan Ava Byte Gardening. Penerapan sistem hidroponik dapat dilakukan dengan medium busa khusus yang dapat dipakai berulang kali. Dilengkapi juga dengan lampu LED NAS, sehingga tanaman seperti pohon daun mint tumbuh 3x lebih cepat dari penanaman biasa. Perangkat ini juga bisa diletakkan di mana saja, terutama di dapur untuk mempermudah proses dalam memasak.

Sekarang, merawat rumah sudah bukan menjadi hal sulit karena adanya perangkat teknologi. Pemanfaatannya yang bijak akan mempermudah Anda memiliki rumah yang bersih dan nyaman. Jangan lupa juga untuk menambahkan smartlock agar rumah semakin aman dari tindak kriminal. Semua hal tersebut bisa didapatkan hanya dengan mengontrolnya melalui smartphone darimana saja.

Beli Rumah Tanpa Riba

Jam tangan memang termasuk salah satu kepentingan bagi setiap orang. Punya rumah sendiri adalah impian setiap orang. Bahkan banyak orang rela beli rumah dengan cara mencicil puluhan tahun.

Masalahnya, banyak juga orang muslim yang takut ambil kredit pemilikan rumah alias KPR karena dianggap riba. Terus, beli rumahnya kapan dong kalau gak pakai KPR?

Nah, berikut ada lima cara beli rumah tanpa melalui skema yang dianggap riba ini. Yuk simak.

Pilih cicilan tanpa bank

Buat kamu yang berencana nyicil rumah tanpa terjebak riba, tenang aja. Ada kok caranya. Kamu bisa pilih pengembang yang menawarkan rumah tanpa melalui cicilan bank.

Developer Property Syariah Indonesia (DPSI) misalnya. Asosiasi pengembang perumahan syariah ini tengah getol-getolnya mengembangkan perumahan dengan cicilan tanpa bank. Jadi kamu bisa beli rumah langsung dengan mencicilnya ke pengembang.

Sama seperti bank, skema cicilan kepada pengembang ini juga cukup lama. Bisa 10 tahun hingga 15 tahun. Tapi kamu mesti cari proyek perumahan yang emang dikembangkan oleh anggota DPSI ya untuk menikmati fasilitas ini.

Agar aman, jangan lupa untuk piilih pengembang yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang bagus.

Pilih KPR syariah

Selain beli rumah langsung ke pengembang, kamu juga bisa beli rumah dengan menggunakan KPR syariah.

Ada beberapa jenis KPR syariah yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah. Misalnya akad murabahah atau akad jual beli. Ada juga akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli. Ada beberapa jenis KPR syariah yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah. Misalnya akad murabahah atau akad jual beli. Ada juga akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli. Selain itu, kamu juga bisa gunakan KPR syariah dengan akad musyarakah mutanaqisah atau akad kepemilikan bertahap. Dan akad istishna atau pembiayaan rumah dengan tujuan inden.

Pilih skema pembelian bertahap

Kamu juga bisa beli rumah tanpa riba dengan membelinya secara tunai bertahap. Skema ini juga lumayan banyak ditawarkan oleh pihak pengembang yang mengusung konsep jual beli rumah tanpa riba.Misalnya kamu tertarik membeli rumah seharga Rp 200 juta. Kamu telah bersepakat dengan pengembang untuk membeli rumah secara bertahap selama 24 bulan.

Maka, secara bertahap kamu harus membayarkan uang Rp 8,3 juta per bulan di luar dari kebutuhan pokok lainnya. Hampir mirip dengan skema cicilan sebetulnya. Bedanya, periode pembayaran untuk cash bertahap biasanya lebih pendek dan tanpa bunga.

Beli cash keras

Punya rumah dengan membeli secara tunai adalah impian setiap orang. Beli rumah secara tunai bisa langsung ke pengembang yang bersangkutan.Hanya saja, seperti dikatakan di awal, harga rumah saat ini bukan main mahalnya. Punya duit Rp 200 juta aja udah syukur. Kuncinya, kamu bisa pilih rumah dengan tipe yang sesuai budget. Dan tentunya harus disesuaikan dengan lokasi.

So, buat kamu yang punya tabungan mencukupi, kamu bisa mulai mencoba melakukan skema ini. Tapi bagaimana kalau gak punya duit?

Jika kamu cukup bersabar buat punya rumah, pasti ada jalan kok. Caranya kamu bisa nabung atau investasi terlebih dahulu. Investasi ada banyak pilihan. Kamu bisa memilih investasi emas atau reksadana syariah, misalnya.

Menjadi agen atau sales perumahan

Beberapa pengembang perumahan menerapkan kebijakan bonus yang menarik buat agen atau salesnya. Misalnya, seorang sales perumahan diberikan fee sebesar 3 persen dari rumah yang berhasil dijual. Jika sales tersebut berhasil menjual 20 rumah seharga Rp 250 juta, maka ia udah punya duit fee Rp 150 juta.Bahkan, ada pengembang yang memberikan bonus satu unit rumah jika sang sales berhasil menjual unit perumahan dalam jumlah tertentu. Hmm, menarik bukan?

Nah itulah beberapa cara beli rumah tanpa takut disangka mempraktikkan riba. Memang, ada sebagian orang yang gak mempermasalahkan soal skema pembelian rumah. Tapi menurut sebagian lain, unsur riba ini menjadi penting dan benar-benar harus dihindari.

Jadi, udah siap beli rumah sekarang? Meski kecil, barang itu sangatlah membantu kita untuk mengetahui waktu. Nah, bicara soal jam tangan, pasti setiap orang berbeda-beda ketika memakainya. Ada yang memakai di sebelah kanan, ada juga yang memakai di sebelah kiri. Dilansir dari berbagai sumber menggunakan jam tangan kanan atau kiri ternyata ada maknanya loh guys.