Udah Weekend ya? Begini Cara Memakimalkan Weekendmu!

Libur weekend yang cuma dua hari—Sabtu dan Minggu—kadang terasa kurang karena beberapa hal. Agar waktu yang ‘minimal’ ini bisa dimanfaatkan dengan baik, Anda bisa mengalokasikan waktu dengan beberapa saran berikut ini:

Ajak teman-teman hangout di suatu tempat, atau kalau memungkinkan, sambangi saja rumah salah satu teman! (Foto: Unsplash)
Mulai pada Jumat malam
Usai jam kerja di Jumat sore, temui orang-orang yang menjadi penyeimbang dan penggembira dalam hidup Anda, dan habiskan waktu bersama mereka. Berencana tidur lebih larut di Jumat malam? Pastikan malam berikutnya tubuh Anda punya waktu istirahat cukup agar di hari Minggu Anda tetap bugar dan berenergi.

Bangun pagi di hari Sabtu
Biasanya saya memanfaatkan waktu di Sabtu pagi untuk berolahraga, saat matahari belum terik. Setelahnya, tubuh terasa lebih segar dan masih punya waktu sehari penuh untuk quality time dengan orang-orang terdekat yang terasa jauh di hari-hari kerja. Bangun pagi di akhir pekan juga bisa Anda manfaatkan untuk me time atau melakukan beberapa pekerjaan rumah yang terlewat selama seminggu belakangan.

Pilah waktu pertemuan Anda
Kalau Jumat malam sudah Anda habiskan bersama pasangan dan kawan-kawan lama, coba habiskan Sabtu siang bersama kelompok teman yang satu minat dengan Anda. Klub olahraga,weekend workshop membuat prakarya, atau komunitas hobi lainnya bisa menjadi alternatif penyegaran bagi Anda. Selain membuat weekend Anda terasa lebih panjang, bertemu orang-orang ini secara bergantian bisa menyegarkan Anda dari pertemuan dengan orang yang itu-itu saja.Alokasikan juga me time
Bertemu banyak orang bisa melelahkan, apalagi untuk Anda yang cenderung introver. Oleh karena itu, sediakan juga waktu khusus saat weekend untuk diri Anda sendiri. Soal kegiatannya bisa bermacam-macam tergantung minat dan kebutuhan Anda. Olahraga, relaksasi di spa, menonton film, atau sekadar membaca buku bebas Anda lakukan untuk me time saat weekend.

Istirahat yang cukup
Ini yang paling penting, karena esensinya, libur weekend adalah momen Anda untuk ‘menghela napas’ dari rutinitas sehari-hari. ‘Hibernasi’ dari Minggu petang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk relaksasi tubuh dan pikiran ini. Hindari hal-hal rumit yang berisiko meningkatkan stres Anda sebelum waktunya (baca: Senin), dan lakukan kegiatan santai yang membuat pikiran Anda lebih relaks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *