Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan Ke Jogja

Jogja memiliki banyak sekali destinasi wisata yang beraneka ragam, mulai dari wisata gunung, pantai, hutan pinus, dan wisata alam lainnya. Bahkan, Jogja menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia karena destinasi wisatanya yang begitu melimpah.

Meski terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata, di Jogja juga banyak lho tempat wisata yang murah meriah, dan juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain itu, jarak antar satu tempat wisata dengan wisata lainnya juga tidak terlalu jauh, sehingga kamu bisa mengunjungi mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut dalam waktu satu hari saja.

Nah, berikut ini ulasan dari 7 wisata murah di Jogja yang nge-hits abis dan yang bisa kamu kunjungi secara bersamaan dalam waktu satu hari!

1. Taman Sari

Taman Sari merupakan destinasi wisata yang dulunya adalah tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Tak hanya menjadi tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan saja, tetapi juga dijadikan sebagai benteng pertahanan yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Kini Taman Sari dijadikan sebagai tempat wisata, sekaligus cagar budaya sejarah, yang telah dirawat dan dilestarikan hingga sampai saat ini. Keindahan wisata Taman Sari ini benar-benar mengagumkan lho, bahkan banyak turis dari manca negara yang jauh-jauh berkunjung keTaman Sari hanya untuk mengabadikan keindahan struktur bangunan yang sangat bersejarah ini.

Jika kamu berkunjung ke Taman Sari ini, kamu akan menemukan beberapa spot foto yang menarik, yaitu danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, lorong bawah tanah, serta beberapa bangunan lainnya yang bentuk gedungnya khusus dirancang agar mirip dengan beberapa arsitektur di dunia.

Wisata Taman Sari berlokasi di Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Yogyakarta. Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho, hanya Rp 7.500/orang, dan jika kamu membawa kamera akan dikenai tarif sebesar Rp 3.000/orang. Wisata Taman Sari mulai beroperasi dari pukul 09.00-14.00 WIB.

2. Kebun Teh Nglinggo

Wisata kebun teh Nglinggo merupakan salah satu wisata kebun teh yang terkenal di Jogjakarta. Wisata yang lagi hits ini, berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samilaguh, Kulon Progo. Di wisata kebun teh ini, pemandangannya indah banget lho, dan udaranya juga sangat segar. Selain itu, fasilitas di wisata kebun teh ini juga sudah lumayan lengkap, seperti adanya musholla, toilet, warung makan, homestay,kedai kopi, dan bahkan juga ada jalur track off road jeep, maupun motor trail.

Untuk mencapai lokasi kebun teh ini, kamu harus berjalan kaki dari parkiran. Selain itu, agar dapat bisa menuju ke puncak bukit, kamu juga harus melakukan trekking dengan medan yang menanjak. Namun, semua rasa lelah itu akan terbayarkan setelah kamu melihat keindahan pemandangan kebun teh ini. Untuk tiket masuknya murah sekali lho, hanya Rp 5.000/orang dan kamu juga akan mendapatkan gratis 1 bungkus teh.

3. Hutan Mangrove Kulon Progo

Tak hanya wisata kebun teh saja, di kawasan Kulon Progo juga ada wisata hutan mangrovenya. Hutan mangrove Kulon Progo ini masih satu kawasan dengan lho dua pantai yang terkenal di Jogjakarta, yaitu Pantai Trisik dan Pantai Glagah Indah. Waktu yang paling baik untuk menikmati keindahan hutan mangrove ini adalah waktu pagi hari, sekitar pukul 08.00-10.00 dan sore hari, mulai pukul 15.30 WIB, agar kamu tidak terkena sengatan panas matahari yang menyengat.

Nah, spot selfie yang favorit di hutan mangrove Kulon Progo ini adalah jembatan api-api. Di jembatan api-api ini, kamu dapat berselfie ria dengan ayunan yang ada di jembatan ini, bahkan kamu juga bisa memainkan ayunan tersebut sambil mengenang masa kecilmu.

Hutan mangrove Kulon Progo ini, lokasinya berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk tiket masuknya juga murah meriah lho, hanya Rp4.000/orang. Nah, jika kamu ingin mengunjungi hutan mangrove Wana Tirta yang ada di sekitar hutan mangrove Kulon Progo, akan dikenai tiket masuk sebesar Rp3.000/orang. Bagaimana murah sekali bukan?

4. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan merupakan wisata yang sedang hits di Jogja karena memiliki gardu pandang berbentuk seperti kapal. Para wisatawan biasanya berkunjung ke Jurang Tembelan untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise yang begitu menawan. Meski wisata alam ini tidak terlalu luas, tetapi tetap menarik minat banyak pengunjung karena selain memiliki gardu pandang berbentuk kapal, juga memiliki view yang sangat bagus, ditambah dengan udaranya yang sangat segar khas seperti udara di pegunungan.

Lokasi Jurang Tembelan ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuknya masih gratis lho guys, kamu hanya akan dikenai tarif untuk parkir kendaraan saja. Untuk tarif parkir motor sebesar Rp 2.000/motor dan untuk mobil sekitar Rp5.000/mobil.

5. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Pangguk Kediwung merupakan salah satu wisata alam yang hits di Jogja. Di tempat wisata ini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangat mempesona dari atas ketinggian di pinggir tebing. Selain itu kamu juga bisa bebas berselfie ria di spot-spot untuk selfie yang telah disediakan oleh pihak pengelola, seperti gardu pandang dan spot berbentuk perahu kayu yang menyerupai origami kertas.

Tentunya berselfie ria dengan background pemandangan alam berupa perbukitan yang hijau dan subur tersebut akan membuat hasil fotomu kece abis. Selain itu, juga disediakan gazebo untuk tempat beristirahat dan bersantai sambil menikmati bekal.

Nah, untuk tiket masuknya juga murah meriah sekali lho, hanya Rp3.000/orang saja, dan beroperasi selama 24 jam. Lokasi wisata hits ini berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

6. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata kekinian dan hits di Jogja. Wisata ini mulai dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing sejak tahun 2014. Banyaknya spot-spot foto yang keren, dan udaranya yang sejuk, membuat wisata alam ini menarik minat wisatawan, baik wisatawan dari Jogja, maupun wisatawan dari luar daerah.

Di Hutan Pinus Mangunan ini, para wisatawan dapat berselfie ria pada spot-spot selfie yang telah disediakan, seperti rumah pohon, panggung sederhana yang dikelilingi oleh kursi yang terbuat dari kayu, sehingga mirip dengan panggung teater, dan spot-spot selfie lainnya. Hutan pinus ini lokasinya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk bisa menikmati keindahan hutan pinus ini, kamu tidak akan dikenai tiket masuk, atau gratis. Kamu hanya cukup membayar untuk parkir kendaraan saja, untuk motor akan dikenai tarif sebesar Rp3.000/motor dan untuk mobil akan dikenai tarif sebesar Rp5.000/mobil, serta untuk bus sebanyak Rp10.000/bus.

7. Seribu Batu Songgo Langit

Destinasi wisata Seribu Batu Songgo Langit ini masih satu kawasan lho dengan Hutan Pinus Mangunan. Wisata yang sedang hits ini, memiliki konsep wisata yang hampir sama dengan Hutan Pinus Mangunan. Bedanya yaitu, di wisata Seribu Batu Songgo Langit ini terdapat ribuan batu yang sangat indah dan menawan. Selain batu-batuan tersebut, kamu juga bisa berselfie ria dengan spot-spot selfie lainnya yang gak kalah menariknya, yaitu gardu pandang, pepohonan yang indah namun rimbun, Rumah Kurcaci dan Rumah Hobbit.

Wisata yang instagramable ini, berlokasi di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk harga tiketnya murah sekali lho, hanya Rp 2.000/orang saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *