Cara Menata dan Merawat Rak Buku

Bagi kamu yang mengoleksi buku, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tidak hanya seputar tempat meletakkan buku dan membuat ruang baca di rumah, tetapi kamu juga harus memperhatikan cara perawatan buku tersebut. Jangan sampai buku-buku kesayanganmu akan tertekuk bahkan juga rusak. Jika kamu memiliki koleksi buku beragam, tempatkan di sebuah rak atau lemari khusus agar buku-buku tersebut terawat. Selain untuk menyimpan, rak buku juga bisa menjadi salah satu pajangan atau perabot yang bisa kamu  tonjolkan di dalam rumah.

Berikut ini beberapa tips cara menata dan merawat buku di rumah.

1. Pastikan untuk melapisi buku dengan sampul plastik

Memberikan sampul plastik dapat melindungi buku kamu dari debu dan kotoran, sehingga buku lebih terawat dan awet.

2. Jangan menekuk buku

Jangan menekuk buku sampai ke belakang, begitu pula dengan menekuk halamannya sebagai pembatas. Perilaku ini dapat merusak buku kesayanganmu. Lebih baik tutup buku saat sedang tidak membacanya. Jangan biasakan menelungkupkan buku di tengah halaman jika tidak membacanya.

3. Penyimpanan buku

Simpan buku pada tempat yang kering dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Jaga agar tetap di suhu ruangan 16-21 derajat celcius. Kelembapan udara jadi musuh terbesar bukumu.

4. Penataan buku

Berdasarkan sampul, buku memiliki dua jenis yakni hardcover dan paperback. Penempatan buku-buku disesuaikan dengan jenisnya, sehingga setiap jenis buku bisa terlihat dengan jelas. Buku bersampul hardcover ditempatkan berkelompok menjadi satu.

Kamu bisa meletakkannya di bagian paling bawah rak, sisanya baru buku-buku dengan sampul kertas. Tips lain yang bisa digunakan adalah menata buku sesuai dengan temanya, yang pastinya akan memudahkan kamu dalam mencari buku saat dibutuhkan. Selain itu kamu bisa menonjolkan buku yang memiliki sampul menarik dan dekoratif. Tempatkan buku-buku tersebut di bagian paling atas, atau di tempat yang paling mudah terlihat.

Jika buku tidak memiliki sampul atau gaya visual yang menarik, gunakan rak dengan warna cerah atau kontras dengan warna sekitar.

5. Jarak antar buku

Menata buku dalam rak juga harus mempertimbangkan jarak antar buku. Jangan menyimpan buku terlalu banyak sehingga terlihat padat dalam satu tempat. Rak akan terlihat lebih padat dan minat baca pun berkurang.

Sebaliknya beri jarak antar buku. Gunakan dekorasi seperti vas atau atau patung sebagai penahan agar buku yang ditata tidak jatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *