Cara Menata dan Merawat Rak Buku

Bagi kamu yang mengoleksi buku, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tidak hanya seputar tempat meletakkan buku dan membuat ruang baca di rumah, tetapi kamu juga harus memperhatikan cara perawatan buku tersebut. Jangan sampai buku-buku kesayanganmu akan tertekuk bahkan juga rusak. Jika kamu memiliki koleksi buku beragam, tempatkan di sebuah rak atau lemari khusus agar buku-buku tersebut terawat. Selain untuk menyimpan, rak buku juga bisa menjadi salah satu pajangan atau perabot yang bisa kamu  tonjolkan di dalam rumah.

Berikut ini beberapa tips cara menata dan merawat buku di rumah.

1. Pastikan untuk melapisi buku dengan sampul plastik

Memberikan sampul plastik dapat melindungi buku kamu dari debu dan kotoran, sehingga buku lebih terawat dan awet.

2. Jangan menekuk buku

Jangan menekuk buku sampai ke belakang, begitu pula dengan menekuk halamannya sebagai pembatas. Perilaku ini dapat merusak buku kesayanganmu. Lebih baik tutup buku saat sedang tidak membacanya. Jangan biasakan menelungkupkan buku di tengah halaman jika tidak membacanya.

3. Penyimpanan buku

Simpan buku pada tempat yang kering dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Jaga agar tetap di suhu ruangan 16-21 derajat celcius. Kelembapan udara jadi musuh terbesar bukumu.

4. Penataan buku

Berdasarkan sampul, buku memiliki dua jenis yakni hardcover dan paperback. Penempatan buku-buku disesuaikan dengan jenisnya, sehingga setiap jenis buku bisa terlihat dengan jelas. Buku bersampul hardcover ditempatkan berkelompok menjadi satu.

Kamu bisa meletakkannya di bagian paling bawah rak, sisanya baru buku-buku dengan sampul kertas. Tips lain yang bisa digunakan adalah menata buku sesuai dengan temanya, yang pastinya akan memudahkan kamu dalam mencari buku saat dibutuhkan. Selain itu kamu bisa menonjolkan buku yang memiliki sampul menarik dan dekoratif. Tempatkan buku-buku tersebut di bagian paling atas, atau di tempat yang paling mudah terlihat.

Jika buku tidak memiliki sampul atau gaya visual yang menarik, gunakan rak dengan warna cerah atau kontras dengan warna sekitar.

5. Jarak antar buku

Menata buku dalam rak juga harus mempertimbangkan jarak antar buku. Jangan menyimpan buku terlalu banyak sehingga terlihat padat dalam satu tempat. Rak akan terlihat lebih padat dan minat baca pun berkurang.

Sebaliknya beri jarak antar buku. Gunakan dekorasi seperti vas atau atau patung sebagai penahan agar buku yang ditata tidak jatuh

Ciptakan Suasana Nyaman Dan Tenang Dirumah

Introvert adalah sebutan bagi orang yang lebih menyukai kesendirian dan sulit menikmati keramaian. Karena kegemarannya yang menyendiri, banyak yang mengira para introvert merupakan orang rumahan, padahal itu tidak sepenuhnya benar. Mereka sebenarnya hanya membutuhkan ruang yang aman, nyaman dan tenang untuk berpikir. Terutama setelah mengalami ketidaknyamanan akan kebisingan sekitar.

Jika Anda adalah salah satu dari tipe orang yang introvert tersebut, diperlukan juga untuk mempelajari kebiasaan memperlakukan rumah dengan penuh cinta. Tepat dan bijaksana dalam menempatkan barang serta bagaimana Anda menghabiskan waktu selama di rumah.

Tips dekorasi rumah berikut ini bisa Anda jadikan panduan, bagaimana menciptakan suasana rumah yang tenang dan menyenangkan.

Mencari Ketenangan

Suara yang berasal dari peralatan dan mesin di rumah, kerap kali menghasilkan suara bising yang tak nyaman didengar. Mengganti peralatan lama dengan peralatan yang desainnya baru akan menghasilkan suara yang lebih sedikit. Selain itu hal ini lebih menghemat energi juga.

Anda memang tak dapat menghindari suara berisik tetangga atau bisingnya suara jalanan dari luar. Atasi dengan membuat interior kedap suara, sehingga Anda tetap mendapatkan kenyamanan selama di rumah. Pasanglah weatherstripping yang ditempatkan di sekitar pintu atau karpet untuk menyerap suara.

Membuat Ruang Nyaman

Dominasi warna putih menjadikan ruangan terasa lebih luas. Secara umum, para introvert merasa tidak nyaman dengan ruang yang terlalu mencolok. Bahkan tak jarang, mereka betah berada di ruang setengah kosong. Ruang yang minim perabotan membuat mereka nyaman dan tenang.

Dalam dunia dekorasi rumah, tenang dan minim seringkali memang sejalan. Oleh karena itu, memiliki furnitur dan dekorasi yang memberikan rasa nyaman dan tenang merupakan poin penting. Kamar yang banyak memiliki sudut yang keras dan tajam, ternyata terbukti berhubungan erat dengan emosi negatif. Sudut yang terlalu tajam ini secara mendalam dapat mengaktifkan saraf amygdala, yaitu pusat respon yang menentukan perasaan takut. Kekacauan dapat meningkatkan kadar hormon stress, kortisol dan membuat pikiran bekerja lebih keras dari biasanya.

Introvert akan merasa nyaman untuk berkembang dalam ruang yang lebih lembut dengan banyak permukaan bulat. Permukaan yang bersih dan ruang yang tidak terlalu penuh merupakan strategi utama.

Menempatkan Furnitur & Aksesori

Para introvert akan merasa nyaman di ruang dengan furnitur yang berkerumun di sudut. Mereka tidak merasa nyaman dengan banyaknya furnitur yang berada di sekeliling. Hal tersebut mengganggu perasaaanya karena merasa seperti pertemuan sosial yang besar.

Kepribadiaan introvert lebih menyukai interaksi intim daripada dengan banyak orang. Karena itu buatlah area duduk yang hanya dapat diisi oleh sedikit orang. Letakkan beberapa kursi atau sofa sehingga perbincangan lebih intim pada satu atau dua orang saja. Peletakkan aksesori juga perlu diperhatikan. Anda dapat meletakkan lukisan, poster, tumpukan buku, mainan dan tanaman hias. Letakkan aksesori tersebut  di kamar, dapur, ruang makan atau ruang keluarga.

Menciptakan Area Khusus

Merenung, membaca buku dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan seorang diri, adalah aktivitas favorit introvert. Maka, ciptakanlah area khusus untuk “melarikan diri” agar Anda dapat beristirahat dan mengisi kembali energi. Area khusus tersebut bisa di kamar, balkon, dekat jendela, teras, halaman belakang atau area dan ruang lainnya yang dapat memberikan ketenangan.

Dekorasi Rumah Paling Canggih

Rumah kini tidak hanya sekedar tempat berlindung. Seiring dengan perkembangan teknologi, rumah pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memiliki teknologi tinggi. Hal ini membuat Anda semakin nyaman berada di rumah karena dimanjakan oleh berbagai kemudahan.

Stephan Jaklitsch, Arsitek Taman

David Mann, Desainer Interior dan Eksterior

David Leven dan Stella Betts, Arsitek

Ron Radziner, Desainer Eksterior

Fabian Hecker, Arsitek

Mitos dan Fakta Tentang Rumah

Berbicara tentang mitos, siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu bentuk warisan kebudayaan satu ini. Setiap peradaban di dunia memiliki mitos-mitosnya sendiri, tak terkecuali di Jawa ini. Walaupun kita sekarang telah hidup di zaman modern, nyatanya kita masih tidak bisa benar-benar terlepas dari mitos. Nahdari berbagai mitos yang ada dan dikenal masyarakat Jawa, mitos yang berkaitan dengan rumah adalah hal yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Penasaran kan, rumah dengan kondisi-kondisi yang bagaimana sih yang dimaksud? Yuk simak mitos-mitos rumah di bawah ini!

1. Rumah menghadap ke timur

Rumah menghadap ke timur dipercaya paling “unik” apabila dibandingkan dengan  rumah yang menghadap ke arah-arah lainnya. “Unik” yang dimaksud adalah bahwa rumah yang menghadap ke timur ini memiliki energi negatif. Penghuninya biasanya dihadapkan dengan masalah-masalah yang beragam, mulai dari pertengkaran antar anggota keluarga, sakit-sakitan, sampai sulit mendapatkan rezeki. Jadi ketika ingin membangun rumah, bisa dibilang bahwa timur merupakan pantangan untuk dijadikan arah muka rumah. Hmm, percaya nggak dengan mitos rumah ini?

2. Rumah yang memiliki luwang mayit di dalamnya

Mitos rumah yang satu ini terdengar agak aneh. Disebut luwang mayit karena ukuran ruangannya adalah sekitar 2×1 meter, serupa dengan ukuran luwang mayit (liang kubur). Luwang mayit biasanya menjadi pemisah antara ruangan satu dan ruangan lainnya serta letaknya tepat di tengah-tengah dengan diapit tembok/sekat di ketiga sisinya. Gampangnya sebut saja lorong buntu. Menurut mitos, rumah yang memiliki luwang mayit tidak nyaman untuk ditempati dan hawanya berasa panas terus sehingga penghuninya menjadi tidak betah. Apabila rumah tersebut dijual atau dikontrakkan, penghuni rumah tersebut juga tidak akan bisa menetap lama.

3. Rumah dengan seluruh pintunya lurus sejajar

Mitos rumah yang satu ini hanya berlaku bagi rumah yang seluruh pintunya lurus sejajar dari depan sampai belakang. Dengan kondisi rumah yang seperti ini, energi yang masuk ke dalam rumah akan langsung keluar karena letak pintu-pintu yang semuanya sejajar. Oleh karena itu, penghuni rumah seperti ini pun dipercaya akan sulit mengelola keuangannya. Seperti energi yang masuk rumah dan langsung keluar lagi, rezeki yang diperoleh penghuninya pun juga akan cepat ‘lari’.

4. Rumah “Tusuk Sate”

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan mitos rumah “tusuk sate”. Bener banget, rumah “tusuk sate” sendiri merupakan sebutan untuk rumah yang terletak tepat di ujung pertigaan dan terkesan seperti memangku jalan. Oleh karena letaknya yang berada di tengah-tengah, rumah ini dipercaya menjadi titik pertemuan energi-energi yang berbeda sehingga menciptakan energi negatif di dalamnya. Menurut mitos turun-temurun, rumah dengan kondisi ini dapat mendatangkan bencana, kesialan, atau bahkan kematian. Serem juga.

5. Rumah dengan banyak benda yang terbuat dari logam

Agak angker juga nih rumah yang di dalamnya menyimpan benda-benda yang terbuat dari logam. Tapi tenang aja, panci-panci dan wajan di dapur kamu nggak masuk hitungan untuk kategori ini kok. Benda-benda dari logam yang dimaksud adalah benda-benda dengan kadar logam yang cukup berat, seperti pedang, keris, dan perangkat gamelan yang terbuat dari kuningan. Benda-benda logam tersebut memiliki gelombang elektromagnetik yang sangat kuat sehingga jin dan makhluk halus lainnya dikabarkan sangat menyukainya dan bahkan ada yang menetap di dalamnya.

6. Rumah yang kotor

Mitos rumah yang satu ini wajib banget kamu perhatikan, karena bisa saja ini adalah rumahmu! Piring kotor atau pakaian kotor yang sering kamu letakkan sembarangan ternyata bisa mengundang kehadiran makhluk dari dunia lain. Biar nggak kejadian, mending rajin-rajin menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan rumah deh mulai sekarang. Menurut kepercayaan, makhluk tidak kasat mata suka mendatangi sumber bau-bau yang tidak enak, seperti bau keringat pada pakaian kotor, bau daging atau amis dari sisa-sisa makanan di piring kotor, dan bau-bau dari sumber sampah yang mengendap lama. Bener atau enggaknya semoga kamu tetap rajin menjaga kebersihan rumah ya.

7. Rumah yang pernah ditempati orang gila

Menurut mitos, rumah yang pernah ditempati orang gila juga memiliki banyak energi negatif di dalamnya sehingga dapat memengaruhi keberuntungan penghuni selanjutnya apabila tidak “dibersihkan”. Rumah yang tidak “dibersihkan” dapat menciptakan perasaan tidak nyaman, menghambat datangnya rezeki, atau mendatangkan kesialan. Nggak cuma orang gilanya, rumah bekas yang telah ditinggali orang gila juga sama berbahayanya ya ternyata.

Desain Rumah Kekinian

Di tengah berkurangnya lahan perumahan dan melambungnya harga properti, ukuran rumah menjadi semakin mungil dengan tuntutan kebutuhan dan kenyamanan yang sama bahkan cenderung meningkat. Di sinilah kecerdikan dan kreativitas diuji untuk menciptakan desain interior rumah mungil kekinian yang sederhana tapi elegan.  Artikel kali ini akan menyajikan beberapa ide desain interior rumah mungil yang dapat menjadi acuan untuk memunculkan ide-ide segar yang unik dan menjadi jati diri rumah Anda.      

1.  Desain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur sebagai fasilitas utama sebuah rumah menjadi hal yang harus didahulukan dalam perancangan. Konsep desain interior kamar tidur yang ingin dikedepankan oleh Andy Rahman adalah prinsip-prinsip dasar arsitektur, yaitu: spiritualitas, keharmonisan material dengan lingkungan, dan kesadaran tentang urban. Sebagian dinding sengaja dibiarkan ‘tidak selesai’ dengan acian yang tidak dicat. Lantai dari kayu crate dengan pintu balkon terbuat dari pintu kaca lipat untuk memberi kelegaaan pada kamar tidur yang mungil ini. Selain artistik dan berpadu apik dengan lingkungan tropis, semua material seperti ini tampak elegan, namun mudah dan murah dalam perawatannya. 

Jika dilihat dari fotonya, pastilah Anda mengira bahwa kamar tidur yang elegan ini berada di dalam rumah mewah yang besar.  Padahal, rumah ini hanya berukuran 6×15 m saja, bahkan terhimpit di antara rumah-rumah lainnya.

2.  Desain Interior Kamar Tidur Apartemen

Kamar tidur apartemen yang seringkali tidak terlalu luas, bisa ‘disulap’ menjadi lega dan elegan.  Rancanglah lemari multifungsi sebagai penanda area kamar tidur. Selain memberi kesan kamar tidur sebagai area privasi, desain lemari seperti ini menjadi andalan desain interior untuk ruang mungil. Desain ini keren karena ide, bentuk, dan susunannya bisa berbeda-beda, sesuai kebutuhan, keinginan, dan gaya pemiliknya.

3.  Desain Interior Multifungsi

Terbatasnya luas ruang tidak membatasi berkembangnya kebutuhan yang harus dipenuhi. Ide-ide multifungsi dalam desain interior yang tidak ada batasnya dapat dimanfaatkan untuk menyiasatinya.

Mulai dari pintu lemari yang berfungsi ganda sebagai meja baca atau meja kerja, tempat tidur yang bisa disembunyikan di dalam rak, atau bahkan murphy bed dalam berbagai model. Selain di area kamar tidur, desain interior multifungsi bisa diterapkan untuk berbagai furnitur, termasuk area duduk di bawah jendela (window seat).

5.  Desain interior open-plan

Trik yang paling efektif dan sedang tren saat ini untuk menyiasati interior rumah mungil adalah ‘open-plan’.  Konsep ini memberikan ide pilihan elemen selain dinding sebagai pembatas ruang. Batas antar ruang tidak melulu berupa dinding masif. Bisa memanfaatkan kolom, furnitur, bahkan perbedaan warna. Konsep open-plan juga memberikan aliran ruang yang nyaman dan lega.

6.  Desain bukaan untuk interior rumah mungil

Rumah seluas 89 m2  ini rampung pada Desember 2015.  Yu Sing sengaja mendesain banyak bukaan maksimal, bahkan sampai mencapai dinding atap, untuk pencahayaan dan sirkulasi udara agar rumah ini hemat energi dan tidak sumpek karena ukurannya yang mungil.

7.  Desain tangga untuk rumah mungil 

Rumah 2 lantai ini dibangun di tapak seluas 96 m2 dengan luas bangunan 117 m2. Sebagai penghubung antar lantai dan bagian dari interior, desain tangga di rumah mungil juga harus dipertimbangkan sebaik-baiknya karena persentase ruang yang dibutuhkannya cukup ‘memakan tempat’.

Budget yang terbatas serta kebutuhan ruang yang banyak di tengah lahan yang sempit dan terhimpit, membuat Arsitek melahirkan Konsep Split-Grow House , yaitu Rumah Split yang tumbuh seiring dengan kemampuan budget dari pemiliknya. Konsep split digunakan untuk mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara 3 lantai, namun dimanipulasi hingga terlihat 2 lantai apabila dilihat dari sisi depan rumah sehingga tidak terlihat mencolok dan membalap tinggi rumah tetangganya.

Manfaatkan ruang di bawah anak tangga sebagai rak atau perpustakaan di rumah. Desain ini memberikan cukup banyak ruang untuk meletakkan dan menyimpan barang sambil tetap menjaga kebersihan dan kerapian ruang sehingga ruang tetap lega.

8.  Desain void dan taman untuk rumah mungil

Seringkali ukuran rumah mungil dibarengi dengan himpitan dari rumah tetangga. Void dapat menjadi solusi cerdas untuk mengatasi kesumpekan, kurangnya pencahayaan, dan polusi suara dari rumah tetangga. Area di bawah voidjuga bisa dijadikan taman minimalis yang menambah kesan lega karena bagian lingkungan luar berada di dalam ruang.

Mitos bahwa rumah mungil di lahan yang sempit pastilah sumpek dan tidak nyaman tidaklah benar. Begitu juga dengan anggapan bahwa biaya interior pastilah mahal dan tidak terjangkau para pemilik rumah mungil, tidaklah benar. Penerapan ide-ide desain interior yang tepat dapat mengatasi kedua permasalahan ini dan mengembangkannya menjadi desain interior rumah mungil kekinian yang sederhana tapi elegan.

Tips and Trick Desain Minimalis Untuk Rumah Yang Minimalis

Nyaman tidaknya sebuah rumah tergantung dari sudut pandang penghuninya, namun hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah yaitu dekorasinya. Dengan dekorasi suasana rumah tidak hanya nyaman namun juga indah di mata. Dalam hal dekorasi rumah, luas sebuah rumah akan sangat menentukan kemudahan dalam dekorasi. Untuk rumah yang berdiri dilahan yang luas tentu tidak mengalami kendala dalam hal dekorasi, segala perabot dapat ditempatkan sesuka hati karena area yang luas.

Berbeda dengan rumah minimalis sederhana yang berdiri di lahan yang sempit, penggunaan perabot harus di lebih dipertimbangkan agar ruangan tidak semakin sempit. Namun bukan tidak mungkin rumah minimalis sederhana mampu tampil manis, dengan beberapa sentuhan yang baik dan benar, kamu juga bisa mendapatkan desain yang manis untuk rumah minimalis kamu. Dekorasi rumah tidak harus dipaksakan tampil mewah, dekorasi yang mewah justru membutuhkan budget yang besar pula. Untuk kamu dengan budget kecil tampil sederhana bukanlah sebuah ide yang buruk, rumah minimalis kamu tetap bisa tampil  indah dan nyaman meski dengan dekorasi yang sederhana.

Pada post kali ini Kania akan berbagi tips dekorasi rumah minimalis sederhana.

Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana

Keterbatasan ruang untuk rumah minimalis membuat kamu harus lebih memperhatikan dekorasi rumahmu, tidak semua jenis perabot bisa kamu masukkan ke dalam rumah. Penggunaan barang secara berlebihan akan membuat tampilan rumah terasa sempit, dan ini tentu tidak sedap dipandang mata. Selain perabot, terdapat juga hal lain yang harus kamu perhatikan dalam dekorasi rumah minimalis sederhana. Apa saja?

Perhatikan Penggunaan Perabot Rumah

Gaya rumah minimalis sederhana tentu membuat kamu sedikit berpikir saat akan membeli perabotan, keterbatasan ruangan menjadi salah satu faktornya.

Jangan lupa perhatikan penggunaan perabot rumah. Gunakan perabot seperlunya saja agar sesuai dengan luas ruangan. Ada hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian kamu dalam memilih perabot:

  • Desain perabot – desain dari perabot harusnya mengikuti ukuran ruangan, jika memungkinkan kamu bisa memesan perabot khusus untuk rumahmu agar sesuai dengan kondisi ruang.
  • Warna – warna yang dipilih sebaiknya serasi dengan warna dinding. Untuk tampak lebh indah kamu bisa menentukan tema untuk dekorasi rumah minimalis sederhana. Misalnya dengan mengadopsi gaya skandavia yang kebanyakan menggunakan warna putih.
  • Ukuran – ukuran juga penting untuk diperhatikan, jangan membawa pulang perabot atau item lain dengan ukuran yang besar. Untuk kesan rumah minimalis sederhana, gunakan perabotan atau item yang berukuran mungil sehingga tidak membuat ruang sempit. Hal ini bagus untuk mendekorasi rumah minimalis.

Pilihan Warna

Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera kamu, sebaiknya gunakan warna yang senada yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna kalem seperti abu-abu atau putih lebih membuat tampilan sebuah rumah terkesan sederhana namun juga terlihat elegan. Agar tidak bosan, kamu bisa memadupadankan 1 hingga 2 warna, misalnya untuk dinding menggunakan warna putih sedangkan atap memakai warna abu-abu. Untuk keserasian, kamu bisa memilih warna yang serasi dengan warna perabot rumah minimalis sederhana.

Wallpaper

Penggunaan wallpaper dapat membuat tampilan rumah anda lebih indah. Untuk tampilan yang sederhana. wallpaper yang dipilih sebaiknya tidak bermotif terlalu ramai. Ingat juga untuk menggunakan wallpaper untuk sebagian sudut ruangan saja, jangan memenuhi seluruh ruangan, karena penggunaan wallpaper yang penuh seluruh ruangan justru membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit. Kamu tentu ingin tampilan rumah minimalis sederhana kamu terlihat lebih luas dan lega.

Refleksi

Cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan membuat pantulan yang membuat ruang tersebut terkesan lebih luas. Kamu bisa menggunakan cermin dengan ukuran sedang dilengkapi bingkai kecil dipinggirnya.

Pengaturan cahaya

Pengaturan cahaya akan mampu membuat tampilan rumah kamu berbeda, sehingga pengaturan cahaya sangat penting untuk rumah minimalis sederhana. Dengan pengaturan cahaya yang benar, kamu bisa mendapatkan suasana yang membuat ruangan terlihat lebih luas.

Manfaatkan Sudut Ruangan dengan Baik

Keterbatasan ruang gerak ini harus dapat kamu siasati dengan sebaik mungkin, setiap sudut ruangan harus memiliki fungsi yang jelas. Setiap sudut ruangan harus digunakan sebaik mungkin berhubung area rumah minimalis sederhana tidakah luas.

Contohnya seperti penataan dapur, dengan ukuran rumah yang sempit sebaiknya kamu menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam 1 ruangan yang sama. Gunakan meja makan mungil agar tidak menganggu gerak kamu selama di dapur.

Ruang Penyimpanan Sederhana

Tentu kamu mempunyai barang-barang yang tidak bisa diletakkan sembarang tempat sehingga membutuhkan ruang penyimpanan khusus, bukan?

 

 

Penyimpanan akan membuat tampilan rumah kamu semakin tertata rapi dan bersih. Agar tidak semakin sempit, kamu bisa memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci. Dengan begitu kamu tidak membutuhkan perabot tambahan yang membuat ruangan semakin sempit.

Gunakan Jendela dengan Ukuran Besar

Jendela sangat penting untuk sirkulasi udara dan juga sebagai celah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Tambahkan sebuah jendela dengan ukuran yang besar, agar jumlah cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan pada siang hari.

Tambahkan Aksesoris

Penggunaan aksesoris juga dapat membuat rumah dapat tampil manis dan indah. Tapi jumlah aksesoris yang kamu gunakan sebaiknya tidak terlalu banyak,agar tidak terlalu ramai. Penempatan aksesoris juga sebaiknya ditempatkan pada tempat khusus yang tidak menghalangi pandangan. Di perkakaskayu.com atau instaram @perkakas.kayu kamu juga bisa nemuin dekorasi rumah yang unik loh.

Bisnis Furnitur Dijalankan Dengan Modal Sedikit

Sekarang ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan, baik itu usaha berskala besar hingga usaha berskala kecil dan menengah (UKM). Tidak hanya usaha besar saja yang mengalami peningkatan yang cukup besar, namun usaha kecil menengah pun mengalami peningkatan.

Ketika ingin memulai sebuah usaha, calon pengusaha kerap mengalami kendala. Salah satunya ialah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis tersebut. Mungkin Anda berpikir bahwa solusinya ialah meminjam uang dari bank ataupun mencari investor. Langkah tersebut memang dapat dilakukan, namun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Umumnya pihak bank dan investor bisnis akan menanyakan pengalaman bisnis Anda dan juga informasi lainnya yang tidak Anda miliki. Bagi yang mempunyai pengalaman bisnis sangat luas tentu hal ini sangatlah mudah, namun bagaimana dengan pengalaman bisnis yang masih kurang?

Memulai Usaha Furniture Minimalis

Apakah kekurangan modal menjadi penghambat untuk memulai bisnis? Tentu saja tidak. Kita dapat memulai bisnis walau dengan modal minim. Salah satu bisnis berpeluang besar dengan modal minim ialah bisnis furniture ataupun mebel. Furniture adalah perlengkapan rumah yang akan selalu dibutuhkan orang, sehingga bisnis furniture bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Salah satu contoh sukses bisnis mebel atau furniture ialah Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Beliau menjalankan bisnis dari skala kecil, dan sekarang produk dari bisnis mebel yang dijalankannya dipasarkan ke lima benua. Walaupun begitu, batu halangan selalu ada, tapi bukankah semua bisnis berisiko ? begitu juga usaha mebel ini pastinya selain menguntungkan juga resikonya lumayan tinggi.

Bisnis Furniture Tanpa Modal

Berapa sih modal usaha untuk memulai bisnis mebel ini ? kisaran modal minimnya adalah 50juta, apabila berencana ingin memulai bisnis mebel namun mempunyai modal yang minim,  anda bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan. Tapi jika anda tidak punya modal tapi ingin mendapatkan penghasilan dari furniture, anda bisa menjadi broker atau makelar furniture. Misalnya dari segi tempat usaha, untuk tempat usaha ini kita tidak perlu sewa tempat. Kita bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Biaya sewa bisa kita manfaatkan untuk keperluan lainnya.

Kemudian dari segi peralatan, dalam bisnis furniture minimal peralatan yang harus dimiliki yaitu gerinda, router, dan planer. Total pembelian seluruh peralatan sekitar Rp 2.866.000. Apabila ingin membuka usaha furniture dengan modal kecil, dalam hal peralatan ini sebaiknya belilah peralatan dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Prospek Usaha Mebel

Potensi yang didapatkan memulai usaha mebel ini terbilang besar, karena basket size atau unit price nya rata-rata di atas 1 juta rupiah, dengan margin 10% saja anda bisa mendapatkan keuntungan minimal 100 ribu sampai jutaan rupiah.

Dekorasi Rumah Dengan Dekorasi Baru

Selain dipenuhi dengan banyak harapan, awal tahun merupakan langkah yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru. Anda dapat memulai satu kebaruan di awal tahun dari hal terdekat, seperti lingkungan rumah.

Desain Interior Warna Abu-Abu; Pilihan Warna Interior Elegan yang Jauh dari Kesan Suram

Mengkreasi suasana baru di rumah tidak harus dengan memiliki hunian baru. Anda cukup mendekorasinya kembali untuk mendapatkan nuansa dan tampilan yang segar.

Dengan nuansa dan tampilan yang berbeda setiap waktu, rumah dapat menjadi “dapur produksi” semangat. Hunian dengan tampilan yang baru dan nyaman, mampu melahirkan hal-hal positif serta memberi semangat sepanjang hari. Saatnya menengok setiap bagian di rumah Anda; kira-kira bagian ruang atau area mana saja yang perlu mendapatkan sentuhan dekorasi dan atau desain yang baru?

Berikut beberapa rekomendasi desain dan dekorasi untuk mendapatkan suasana ruang yang berbeda dan unik di dalam rumah;

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Sentuhan Floral

Jika ruang tamu atau ruang keluarga nampak biasa dengan sofa polos yang diletakkan begitu saja, saatnya bermain dengan motif bunga. Motif bunga atau yang juga dikenal dengan sebutan floral, kerap diidentikan dengan gaya klasik. Sentuhan floral sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya vintage dan shabby chic, sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu masa kini. Anda dapat menghadirkan sentuhan floral pada sarung bantal sofa, hiasan dinding bergambar bunga atau wallpaper motif bunga. Ruang tamu maupun ruang keluarga akan nampak hangat dan inviting dengan sentuhan floral. Tampilan ruang pun terasa lebih baru dan menarik.

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Mengganti Warna Dinding

Mengganti warna dinding merupakan cara paling mudah dan murah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah suasana. Meski terkesan simpel, namun mengubah warna dinding mampu melahirkan kebaruan pada ruangan. Warna-warna juga dapat memberi kesan berbeda pada penampilan setiap ruang.

Untuk ruangan berukuran kecil misalnya, Anda dapat mengganti warna dindingnya dengan warna cerah dan netral. Warna-warna tersebut akan memberi kesan terang dan lapang. Penggunaan warna pastel juga sangat disarankan. Warna pastel juga dapat memberi kesan luas dan suasana lembut ke dalam ruangan.

Jika menginginkan penampilan dan kesan elegan, penggunaan warna gelap dapat menjadi pilihan. Warna gelap seperti navy, emerald green hingga olive green, dapat memberi tampilan yang unik dan berbeda. Juga suasana lain dengan nuansa elegan yang cukup kuat.

Dekorasi Rumah Sederhana Jadi Mewah dengan Lampu ala Victorian

Lampu juga mampu memberi tampilan yang baru dan berbeda pada ruangan.Bahkan, pilihan model dan jenis lampu tertentu bisa menampkakan suasana yang mewah serta elegan. Anda dapat merasakan sensasi hidup di rumah-rumah Inggris pada abad-19 dengan elemen dekoratif seperti penggunaan lampu model victorian.

Pilihlah lampu gantung kristal yang elegan dan klasik. Model lampu kristal ini akan memberi kesan baru ala hunian-hunianvictorian yang super mewah.

Dekorasi Rumah Sederhana dengan Hiasan Dinding

Dekorasi paling mudah untuk mendapatkan suasana baru di ruangan lama adalah dengan hiasan dinding atau wall art. Anda dapat menempatkan pajangan berukuran besar di ruangan-ruangan favorit.

Pajangan dinding berukuran super besar mampu memberi kesan unik pada ruangan. Selain itu, jenis wall art ini mampu melahirkan suasana menyenangkan dan nyaman. Dekorasi dinding memberikan tampilan yang unik dan tidak membosankan pandangan. Hiasan-hiasan dinding tersebut bisa berupa foto keluarga, lukisan atau juga tipografi. Anda dapat meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, atau di ruangan-ruangan favorit lain di rumah Anda.

Fakta Dekorasi Rumah

Rumah kita adalah tanda-tanda untuk mencerminkan diri kita, kepribadian kita atau hanya untuk memberitahu orang lain bahwa apa jenis rasa dan kerangka pikiran kita terus. Dekorasi rumah adalah seni yang dapat ditemukan dalam semua orang dengan amplitudo yang bervariasi. Meskipun profesi terpisah seperti profesi lain di pasar, tetapi ide-ide DIY, saya pikir dekorasi rumah adalah tenaga termudah yang bisa dilakukan pada mereka sendiri. Dekorasi rumah adalah sama seperti kita memilih warna dan desain dalam, kami sepatu gaun dan topi. Etika yang sama dapat diterapkan sementara dekorasi rumah, tapi dengan cara sedikit luas.

Pilihan Warna

Sementara dekorasi rumah, ada ideologi sederhana untuk mengikuti untuk hasil yang lebih baik. Pertama dan terpenting penting adalah pilihan warna. Setiap warna memiliki efek sendiri pada suasana hati kita. Juga, warna yang baik membantu tangan untuk memberi kita, hangat energik, santai, pikir perasaan memprovokasi dan bahagia. Jadi, saat memilih warna wallpaper, furnitur, kain dan cat, efek warna harus disimpan dalam pikiran. Beberapa waktu yang cocok dengan warna semua item dapat menghasilkan hasil yang terbaik, sementara kadang-kadang kita bisa mendapatkan refleksi lebih menarik dengan mempertimbangkan kontras antara warna-warna ini.

Desain dan Bentuk Essentials

Unsur kedua dari dekorasi rumah yang baik adalah memilih yang tepat desain. Desain atau bentuk barang seperti furnitur, dinding gunung, item listrik seperti lampu dan lampu tabung, wallpaper, tirai, karpet dan bantal dapat mengubah semua lingkungan kamar Anda. Dalam sebagian besar kasus, desain yang mirip atau cocok atau bentuk barang disimpan di sebuah ruangan akan mencerminkan tampilan yang lebih menyenangkan dan nuansa dari seluruh ruangan.

Memilih Jenis Hak Produk

Memilih yang tepat aksesoris adalah fakta lain dari dekorasi rumah yang baik. Misalnya, kamar tidur harus dilengkapi dengan tempat tidur dan tempat tidur tapi tidak harus penuh sesak dengan perabot lainnya seperti sofa, atau lemari. Di sisi lain, sementara dekorasi ruang tamu, Anda harus menempatkan semua perabotan yang diperlukan yang akan digunakan untuk duduk, menonton TV dan untuk keluarga berkumpul. Sama berlaku ke dapur, belajar dan mandi. Pilihan yang tepat penting di sebuah ruangan tertentu atau tempat membuat tampilan yang standar dan meningkatkan anugerah tersebut.

Harga dan Anggaran

Pasar penuh dengan gaya tradisional, sesekali dan trendi dari semua elemen kami dapat menggunakan dekorasi di rumah kami. Satu mungkin bingung untuk sampai ke pilihan yang tepat. Untuk kemudahan dalam pengambilan, Anda dapat mempertimbangkan harga item dan anggaran yang tersedia. Estimasi harga diperlukan untuk semua penting akan memperjelas dan mempersempit pilihan di antara jenis yang tersedia berbeda.

Karakter dan Perkembangan Bisnis Startup Digital Indonesia

Istilah startup merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau bisnis. Menurut Wikipedia, startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Saat ini istilah startup digital lebih banyak digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berbau teknologi, web, Internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Kenapa demikian? Hal tersebut terjadi dikarenakan istilah startup sendiri mulai populer secara Internasional pada masa ‘bubble dot-com’. Fenomena bubble dot-com adalah ketika banyak perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan pada periode1998-2000.

Pada masa tersebut, perusahaan sedang gencar-gencarnya membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal Internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnis. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Namun, banyak ahli juga berpendapat bahwa startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk, tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Karakteristik Bisnis Startup

Dari berbagai sumber yang dikumpulkan, maka dapat diketahui karakteristik dari bisnis startup digital yaitu:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun.
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang.
  3. Pendapatan kurang dari $100.000/ tahun.
  4. Masih dalam tahap berkembang.
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi.
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  7. Biasanya beroperasi melalui website.

Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia

Bisnis startup terus berkembang meskipun banyak yang gagal. Hampir setiap saat muncul startup-startup baru dari penjuru dunia termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Menurut riset pada tahun 2017 ini, tercatat bahwa pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 133 Miliar, dan tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu daya beli masyarakat juga meningkat sesuai dengan pendapatan per kapita masyarakat yang naik. Hal ini secara tidak langsung ikut memengaruhi perkembangan industri digital.

Bisnis startup di Indonesia yang paling banyak diminati adalah game dan aplikasi edukasi. Selain proses pembuatan game dan aplikasi edukasi yang relatif mudah, startup jenis ini memiliki pangsa pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Setelah itu diikuti startup e-commerce dan informasi. Dengan berkembangnya social media dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game ikut berkembang dan semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Ada beberapa faktor yang mendukung perkembangan startup di Indonesia, yaitu :

a. Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Jika kita lihat saat ini ada banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia maka akan berdampak pada peluang bisnis yang juga semakin besar.

b. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Banyaknya penduduk maka kebutuhannya juga banyak dan tentunya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.

c. Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik dan bagus pelayanan sebuah startup maka konsumennya juga semakin banyak.

d. Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis apapun tak kan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun menjadi penentu berkembangnya sebuah startup, jika pemerintah tidak mendukung maka startup sangat sulit untuk berkembang.

Setelah membaca uraian di atas tentunya Anda sudah tahu apa itu startup dan bagaimana perkembangannya di Indonesia. Membangun startup yang sukses tentu membutuhkan perencanaan yang matang, terutama sebagai pondasi keuangan bisnis. Anda dapat mengatur strategi bisnis dengan baik jika data keuangan bisnis Anda dapat diakses dengan menggunakan software akuntansi.